get app
inews
Aa Read Next : Jelang Pendaftaran Pilgub Sumsel, Relawan Heri Amalindo Terus Sosialisasikan Program di Palembang

Bicara Tentang Pencalonan Bupati Muba, Beni Hernedi Sebut Ada Hal yang Terus Terngiang-ngiang

Minggu, 14 April 2024 | 11:35 WIB
header img
Ketua DPC PDIP Muba, Beni Hernedi. (iNewspalembang.id/ist)

PALEMBANG, iNewspalembang.id – Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) di Kabupaten Musi Banyuasin (Muba) sepertinya hanya tertuju pada tiga nama calon kuat bupati, yakni Beni Hernedi, Lucianty dan Apriyadi Mahmud.

Tiga nama tersebut juga sudah sangat familiar di kalangan masyarakat di Bumi Serasan Sekate. Karena Beni Hernedi sendiri merupakan eks Wakil Bupati Muba dua periode dan Ketua DPC PDI Perjuangan Muba, Lucianty adalah istri eks Bupati Muba Almarhum Fahri Azhari dan Ketua PKN Pimda Sumsel, serta Apriyadi hingga hari ini masih menjadi Penjabat (Pj) Bupati Muba.

Menanggapi peta politik dan rencana pencalonan tersebut, Beni Hernedi menyampaikan, bahwa dalam proses menuju pencalonan tersebut sudah tentu alurnya step by step.

Langkah pertama, ujar Beni, tentu mendapatkan dukungan dari partai politik (parpol), kaitannya dengan hasil Pemilu 2024, bahwa PDI Perjuangan ini ternyata masih membutuhkan tiga kursi. Artinya akan melakukan pembicaraan dengan parpol yang pada mekanismenya mereka akan membuka pendaftaran bakal calon bupati dan wakil bupati.

“Sudah sangat jelas disitu, kita butuh koalisi dengan partai tertentu. Apabila cukup kursi, maka pencalonan itu bisa diluncurkan di bulan Agustus, nah dari sekarang ke Agustus akan kita lakukan,” ujar dia.

Sementara, kata Beni, hingga sekarang parpol belum ada mekanismenya seperti apa, semua masih menunggu, diantaranya keputusan terhadap hasil dari Mahkamah Konstitusi (MK), karena penentuan kursi juga erat kaitannya dengan hasil gugatan-gugatan di MK. Langkah berikutnya tentu mendapat dukungan dari masyarakat Muba, karena untuk menjemput kepercayaan itu juga akan diperjuangkan.

“Tantangannya, jujur saja itu tidak ringan. Kalau kita mengikuti bagaimana, sekarangkan kualitas Pemilu 2024 ini, seperti Pileg kemarin bisa dilihat bersama bahwa butuh logistik yang tidak sedikit,” kata dia.

“Saya punya pengalaman pernah jadi Plt Bupati, karena ada kasus di Muba. Saya tahu, karena pernah duduk dalam jabatan itu dan ikut sistem itu dan saya tahu juga penyakit-penyakit itu, ternyata di Muba itu kan harus diakui bukan satu hal yang dibanggakan,” ungkap dia.

Beni menjelaskan, barang kali tidak ada yang pernah merasakan pengalaman seperti dirinya selama menjadi wakil bupati dua periode dengan dua bupati yang berbeda, yang kedua bupati tersebut terkena operasi tangkap tangan (OTT) KPK.

“Bagi saya itu sangat mempengaruhi, apabila menjadi pemimpin di Kabupaten Muba itu harus berhati-hati terhadap prilaku-prilaku dan Tindakan-tindakan seperti itu. Kemudian, disisi lain tentu pengalaman seperti itu harus disyukuri,” jelas dia.

“Saya sering melihat penyebabnya, kalau penyakit-penyakit kepala daerah yang bermasalah itu ketika sudah menjabat dan jabatan itu memiliki beban-beban finansial yang tinggi. Jadi tantangan ini tidak ringan. Ingin jadi bupati itu perlu dana yang banyak, tetapi ketika sedang menjabat terjadi hal seperti itu,” imbuh dia.

Menjadi seorang bupati, terang Beni, memang dituntut berprilaku perfect, tidak korup, tidak melanggara hal ini dan itu. Tapi menurutnya, apabila seseorang yang ingin menjadi bupati itu dengan biaya yang tinggi, bisa dilogika-kan seperti itu, modal harus kembali dan seterusnya dan seterusnya.

“Seperti saya, atas pengalaman-pengalaman seperti itu, kalau ingin menjadi bupati, manusia bernama Beni Hernedi ini pasti tetap terngiang-ngiang dengan kondisi itu,” terang dia.

Artinya, kata Beni, tuntutan untuk perubahan cara memimpin, kaitannya dengan tindakan-tindakan korupsi, kolusi dan nepotisme (KKN) harus menjadi hal yang penting, paling tidak pada dirinya sendiri dahulu.

“Belum lagi, saya juga ada tantangan atau persepsi juga, dua bupati yang menjadi pasangan saya ditangkap, sedangkan saya tidak (ditangkap). Ya bisa saja ada yang ngomong, mungkin saya inilah yang melaporkan,” kata dia.

Beni menilai, dengan biaya politik yang tinggi untuk menjalani masa Pilkada ini, tentu menjadi beban tersendiri. Karena kondisi ini juga pada kenyataannya dirasakan semua pihak.

Lihat saja pasca-Pileg kemarin, hampir calon legislatif (caleg) menyatakan bahwa Pemilu 2024 khususnya Pileg ini brutal. Begitu banyaknya materi-materi dalam menjemput mandat atau perolehan suara itu.

“Saya tidak membicarakan semua orang, tapi sepertinya keluhannya itu. Harapan saya, Pilkada di Muba adalah memang benar-benar rakyat Muba itu memilih pemimpin-pemimpin yang memang dengan sebuah sikap keteladanan dan pada waktunya berkomitmen untuk melakukan perubahan-perubahan. Jangan sampai justru si bupati ini yang menjadi masalah,” tandas dia.

 

 

 

Editor : Sidratul Muntaha

Follow Berita iNews Palembang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut