get app
inews
Aa Read Next : Bicara Tentang Pencalonan Bupati Muba, Beni Hernedi Sebut Ada Hal yang Terus Terngiang-ngiang

PDI Perjuangan Muba Tolak Israel Tampil di Piala Dunia U-20 di Palembang, Ini Alasan Beni Hernedi

Sabtu, 25 Maret 2023 | 12:45 WIB
header img
Ketua DPC PDI Perjuangan Muba, Beni Hernedi. (iNewspalembang.id/ist)

PALEMBANG, iNewspalembang.id – Kehadiran Timnas Israel yang menjadi salah satu kontestan pada Piala Dunia U-20 di Indonesia terus mendapat gelombang penolakan.

Terbaru, penolakan tersebut muncul dari DPC PDI Perjuangan Musi Banyuasin (Muba), yang menolak Timnas Israel bermain di Palembang, bila negara tersebut tergabung dalam grup yang bermain di Stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring Palembang.

Ketua DPC PDI Perjuangan Muba, Beni Hernedi mengatakan, ini bukan tentang prinsip politik pribadi, namun lebih kepada menyuarakan prinsip-prinsip bangsa Indonesia.

Indonesia sendiri, sambung dia, menolak keberadaan Israel, sebagai bangsa yang tidak diakui keberadaannya dalam konteks penjajahan terhadap Palestina.

“Bangsa ini bersepakat melalui konstitusi bahwa segala macam bentuk penjajahan barus dihapuskan. Itu sudah ada di UUD 1945 alinea pertama. Maka baik dari dulu hingga saat ini, kita harus tegas terhadap Israel. Baik di era Bung Karno maupun jaman sekarang,” tegas dia.

Beni mengungkapkan, prinsip-prinsip ini juga yang sebelumnya tetap dijalankan Soekarno saat itu. Sekadar mengingatkan, bahwa ada momen beberapa tahun silam, Indonesia gagal lolos Piala Dunia gara-gara tak mau bertanding dengan Israel.

“Prinsip itu merupakan prinsip negara yang sampai kapan pun tidak akan pernah mengakui Israel dan mendukung Palestina. Kalau ada yang mengatakan jangan mempolitisasi olahraga, ya ini kan institusi kita,” ungkap dia.

“Kita hanya memberi atensi pada Israel. Karena dari jaman Soekarno sampai sekarang pun kita tidak ada hubungan diplomatis dengan Israel. Kita juga meminta pak Gubernur Sumsel menolak kehadiran Israel di Palembang sebagai peserta Piala Dunia U-20,” tandas dia.

 

 

 

 

Editor : Sidratul Muntaha

Follow Berita iNews Palembang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut