get app
inews
Aa Read Next : Bicara Tentang Pencalonan Bupati Muba, Beni Hernedi Sebut Ada Hal yang Terus Terngiang-ngiang

Peringatan HAB ke 76, Beni Hernedi Sampaikan Pesan Menag Yaqut 

Senin, 03 Januari 2022 | 21:06 WIB
header img
PLT Bupati Muba Beni Hernedi Peringatan HAB 76 Kemenag (Foto : Humas Pemkab Muba)

SEKAYU, iNews.id - Plt Bupati Musi Banyuasin (Muba) Beni Hernedi menyampaikan beberapa pesan penting dari Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas, pada Hari Amal Bakti (HAB) Kementerian Agama (Kemenag) ke 76  tahun 2022.

Beni menyampaikannya saat menjadi Pembina Upacara Peringatan   HAB Kemenag Ke-76 Tahun 2022   di Lapangan MAN Negeri 1 Muba, Senin (03/01/2022). Dalam sambutan Menag RI yang dibacakan Plt Bupati Muba Beni Hernedi, Beni menyampaikan HAB adalah  peristiwa penting dengan arti khusus bagi bangsa Indonesia, yang menjunjung tinggi kaidah dan nilai-nilai kehidupan beragama.

 Kemenag hadir sebagai payung  bagi semua unsur umat beragama, memberikan pelayanan prima bagi masyarakat yang membutuhkan layanannya, dan menjaga pancasila, konstitusi dan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) untuk tetap berada dalam jalurnya.

Kemenag  tumbuh dan berkembang menjadi salah satu instansi pemerintah yang mempunyai peran penting dan strategis, dalam meningkatkan pemahaman dan pengamalan ajaran agama serta mewujudkan tatanan kehidupan beragama yang toleran dan ramah bagi semua.

Ini dibuktikan  naiknya indeks kesalehan umat beragama dari 82,52 pada tahun 2020 menjadi 83,92 pada tahun 2021. Indeks kerukunan umat beragama juga mengalami peningkatan yang semula tahun 2020 sebesar 67,46, menjadi sebesar 72,39 pada tahun 2021. 

"Indeks kepuasan layanan KUA mengalami peningkatan menjadi 78,90 pada tahun 2021," ia menuturkan.

Adapun dari perspektif tata kelola keuangan, Kemenag kembali meraih opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) atas laporan keuangan tahun 2020. Capaian ini menjadi prestasi yang diraih selama lima tahun berturut-turut sejak tahun 2016.

"Prestasi yang telah dicapai  Kemenag merupakan hasil kerja keras dari semuanya. Karena itu, saya ingin mengucapkan terima kasih kepada segenap Pegawai Aparatur Sipil Negara Kemenag yang selama ini  mengabdi dengan tulus dan menjaga martabat, kehormatan dan kinerja Kementerian Agama," ujarnya.

Ia menyampaikan, Kemenag di  usia  ke-76  harus terus berbenah dan prestasi yang telah diraih harus dipertahankan. Jadikan agama sebagai inspirasi, sebagai penggerak yang dapat meningkatkan daya kreativitas. 

Jadikan pula lima nilai budaya kerja Kementerian Agama, yaitu integritas, profesionalitas, inovasi, tanggung jawab, dan keteladanan, menjadi bagian yang tidak terpisahkan dalam pelaksanaan tugas dan fungsi.

"Tagline peringatan HAB ke-76 Kemenag, yaitu transformasi layanan umat akan dengan cepat dan mudah dilakukan," uacp dia. 

Transformasi  dimaksud meliputi perubahan sikap dan perilaku yang lebih baik, dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat serta peningkatan sarana dan prasarana atau infrastruktur yang mempercepat dan mempermudah kinerja Kementerian Agama dalam memberikan layanan kepada masyarakat.

Editor : Agustian Pratama

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut