get app
inews
Aa Read Next : Penentuan 1 Syawal, Kemenag RI Siaga di 123 Titik Pemantauan

Tahun 2024, Kemenag RI Targetkan 1.000 KUA Direvitalisasi 

Sabtu, 04 Desember 2021 | 13:29 WIB
header img
Ditjen Bimas Islam Kemenag , Insan Khoirul Qolbi saat mengecek revitalisasi KUA Jekan Raya, Kota Palangkaraya. (foto : humas Kemenag RI).

PALANGKARAYA, iNews.id - Program revitalisasi Kantor Urusan Agama (KUA) yang sudah berjalan sekitar satu tahun, sudah sesuai target. Capaian target itu salah satunya oleh KUA  di Kalimantan Tengah. Kemenag menargetkan revitalisasi 1.000 KUA tercapai di 2024.

Kasi Bina Kepenghuluan Wilayah I, Ditjen Bimas Islam, Insan Khoirul Qolbi mengatakan, Kementerian Agama di bawah kepemimpinan Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas  menggulirkan program Revitalisasi Kantor Urusan Agama (KUA), sebanyak 106 KUA direvitalisasi di tahun 2021. 

Menurutnya, sudah hampir setahun berjalan pihaknya sebagai pelaksana program  melakukan visitasi ke sejumlah KUA, salah satunya di KUA Jekan Raya, Palangkaraya, Kalimantan Tengah. 

"Kami ingin  memastikan secara langsung bahwa revitalisasi KUA berjalan dengan baik," kata Kasi Bina Kepenghuluan Wilayah I, Ditjen Bimas Islam, Insan Khoirul Qolbi, dilansir dari situs Kemenag RI, Sabtu (4/12/2021). 

 Insan  menilai revitalisasi sudah berjalan sesuai target yang ditetapkan, indikatornya  Sumber Daya Manusia (SDM) yang menguasai layanan berbasis elektronik sudah cukup, kelengkapan alat-alat seperti komputer, layar display, kursi tamu, printer sudah ada. 

"Ini semua  bantuan dari Ditjen Bimas Islam tahun anggaran 2021. Revitalisasi akan dilanjutkan pada 2022 yang menyasar 1.000 KUA hingga diharapkan tuntas seluruhnya pada 2024 mendatang,"  Insan mengungkapkan.

Pihaknya juga akan mengakomodir kekurangan yang masih dibutuhkan KUA  agar layanan semakin baik dan nyaman.  Ke depan, KUA Jekan Raya diharapkannya  menjadi percontohan bagi KUA di wilayah Kalimantan Tengah khususnya. 

 

Editor : Agustian Pratama

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut