get app
inews
Aa Read Next : Polda Sumsel Lagi-lagi Temukan Gudang Penimbun BBM Ilegal di Ogan Ilir

Kasus Dugaan Pelecehan Mahasiswi Unsri, Polisi Panggil Sejumlah Saksi

Kamis, 02 Desember 2021 | 23:56 WIB
header img
Kasubdit 4 Renakta Ditreskrimum Polda Sumsel, Kompol Masnoni, SIK (foto : istimewa)

PALEMBANG, iNews.id – Kasus dugaan pelecehan mahasiswi Unsri DR (22) terus didalami kepolisian. Kamis (2/12/2021) tim penyidik memanggil sejumlah saksi.

Kasubdit 4 Renakta Ditreskrimum Polda Sumsel, Kompol Masnoni, SIK mengatakan, pihaknya masih  mendalami kasus  mahasiswi Universitas Sriwijaya (Unsri), DR (22) dan terlapor oknum dosen Unsri,  A (34).

Pihaknya memanggil sejumlah saksi pelapor untuk diminta keterangan, setelah sebelumnya tim penyidik melakukan olah TKP di Unsri Indralaya.

Saksi pelapor yang dimintai keterangan  yakni adik tingkat korban dan seorang tukang ojek yang mengantar korban usai kejadian.

 Tukang ojek  juga menyampaikan penampilan  korban saat dijemput terlihat berbeda saat pulang, dengan  kondisi yang tidak rapi lagi.

Sehingga  tukang ojek langganan korban  bertanya  apa yang terjadi.  Namun korban enggan menjawab dan hanya terus menangis.

"Korban tidak ada cerita apapun,  hanya menangis," kata tukang ojek tersebut.

Namun, sebelumnya korban mengaku  menjadi korban pelecehan seksual  oknum dosennya sendiri,  saat meminta tanda tangan skripsi, Sabtu (25/9/2021)

Masnoni mengungkapkan, berdasarkan keterangan korban, korban beberapa kali menanyakan keberadaan oknum dosen itu kepada teman yang juga adik tingkatnya.

Kebetulan pada hari Sabtu terlapor ada di tempat, karena korban benar-benar mengejar tanda tangannya (terlapor), jadi tanpa berpikir yang lain korban  menemui dosennya. Seperti itu pengakuan korban ke kami," Masnoni menjelaskan.

Korban lalu mendatangi terlapor yang sedang berada di ruang laboratorium, karena tempat  sepi, membuat oknum dosen   leluasa melakukan aksinya.

"Berdasarkan keterangan korban cuma sekali terjadi seperti ini," kata dia.

Setelah kejadian itu terlapor  sempat beberapa kali menghubungi korban melalui ponsel, baik berkomunikasi via whatsapp, mengajak video call.

Korban pun merespon karena  merasa antara dosen dan mahasiswa pasti ada perlu. Jadi korban memberi  respon  datar saja.

Kompol Masnoni, SIK mengungkapkan, korban sering kali menangis saat dimintai keterangan terkait kejadian tersebut.

“Namun, keterangannya sangat kami perlukan untuk melengkapi pemeriksaan termasuk  olah TKP yang kita lakukan sebelumnya,” kata  Masnoni.

Sementara itu, terlapor yakni oknum dosen berinisial A (34) dijadwalkan  dipanggil untuk dimintai keterangan pada Jumat (3/12/2021).

Hasil olah TKP di ruang laboratorium FKIP Sejarah Kampus Unsri Indralaya pada Rabu (2/12), terungkap jika korban sempat mengalami pelecehan secara fisik.

Saat kejadian selain dipeluk dan dicium  saksi terlapor, baju korban juga dibuka hingga menciumi bagian dada korban. Tangan korban juga ditarik secara paksa  terlapor yang diarahkan ke bagian sensitif terlapor.

Terlapor juga sempat menggandeng tangan korban dan berpindah dari satu tempat ke tempat lain di ruang laboratorium.

“Pada Sabtu (25/9/021)  itu, korban mendatangi kampus untuk terlapor, padahal tidak ada aktivitas perkuliahan,” jelas Masnoni.

Korban baru melapor setelah lebih dari dua bulan lamanya bahkan  sempat diviralkan di media sosial, Masnoni mengatakan,  sebelumnya perkara ini sempat dicoba  dilakukan mediasi oleh rektorat termasuk BEM Unsri.

Terlapor A dihadapan rektorat yang sudah mengakui perbuatannya, dan Masnoni mengungkapkan jika hal ini sama sekali tidak akan memengaruhi proses penyelidikan.

 

Editor : Agustian Pratama

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut