get app
inews
Aa Read Next : Buntut Lecehkan Jilbab, Senator Asal Bali lGN Arya Wedakarna Dipecat dari Anggota DPD

Anggota DPD RI Sumsel Kawal Kasus Dugaan Asusila Mahasiswi Unsri

Minggu, 05 Desember 2021 | 11:51 WIB
header img
Senator termuda di Indonesia, Jialyka Maharani anggota DPD RI perwakilan Sumsel. (Foto : situs DPD RI)

PALEMBANG, iNews.id - Anggota DPD RI Perwakilan Provinsi Sumatera Selatan, Jialyka Maharani akan mengawal kasus dugaan asusila terhadap mahasiswi Universitas Sriwijaya, Palembang. Jialyka  akan menyampaikan dan mengawal langsung  ke Menteri Pendidikan, Kebudayaan Riset dan Teknologi.

Jialyka berjanji mengawal kasus ini, jika berita pelecehan seksual di UNSRI terbukti benar. Apalagi dari informasi yang didapatkannya, aduan dan laporan ke Mapolda Sumsel  terkait  pelecehan seksual yang dilakukan  terduga oknum dosen dan staf di Unsri bukan hanya satu orang. 

Jia sapaan akrabnya prihatin dengan kondisi ini.   “Sungguh  ironi mengetahui kabar ini,  jelas sudah masuk kategori kejahatan yang luar biasa," kata Jia, di situs resmi DPD RI, Minggu (5/12/2021).

Ia mengatakan, seharusnya pihak UNSRI yang paling pertama memberikan advokasi kepada korban untuk kasus tersebut. "Jangan anggap enteng kasus ini,”  Jia  menegaskan.

Menurut Jia,  saat ini negara sedang berjibaku dalam penanggulangan kasus kekerasan seksual. Hal ini  dapat dilihat dari terbitnya Permendikbudristek No 30 tahun 2021, yang merupakan salah satu langkah progresif  mencegah dan menanggulangi kekerasan seksual di perguruan tinggi.

"Sedang dibahasnya RUU TPKS di DPR, serta atensi penuh dari aparat penegak hukum terhadap kasus kekerasan seksual," ucap aktivis perempuan ini. 

 Ia berharap  tidak ada cerita lagi  menutupi kasus demi menjaga nama baik institusi kampus. "Saya berharap jangan ada muatan tendensi apapun dalam penanganan kasus,  dengan memberikan ruang seterang-terangnya untuk penyelesaian kasus ini,” kata Jia.
 

Seperti diketahui, sejak awal dilantik sebagai anggota DPD dan MPR RI pada 2019 lalu, Jia  salah satu senator yang konsisten  memperjuangkan RUU Penghapusan Kekerasan Seksual. Jia baru saja juga baru saja dianugerahi Rekor MURI sebagai anggota DPD dan MPR RI termuda sepanjang sejarah.

 

  

Editor : Agustian Pratama

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut