get app
inews
Aa Read Next : Ini Kesepakatan Hasil Pertemuan Jokowi dan Erdogan Terkait Penyelesaian Masalah Gaza

Presiden Jokowi Minta Carikan Partner agar Gas Abadi Blok Masela segera Selesai

Jum'at, 02 September 2022 | 14:25 WIB
header img
Presiden Jokowi memberikan keterangan pers usai mengunjungi Pasar Olilit, di Tanimbar Selatan, Kabupaten Kepulauan Tanimbar, Maluku, Jumat (02/09/2022). (Foto: BPMI Setpres)

KEPULAUAN TANINBAR, iNewspalembang.id – Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) menyatakan, pemerintah terus mendorong pembangunan lapangan hulu minyak dan gas abadi Blok Masela segera terselesaikan.

“Blok Masela terus kita dorong, yang semula dulu sebetulnya sudah akan jalan Inpex kemudian Shell, tetapi karena saat itu harganya (minyak) rendah sehingga ada satu yang mundur, pengerjaannya juga ikut mundur,” ujar Presiden Jokowi, saat dibincangi media di Pasar Olilit, Kabupaten Kepulauan Tanimbar, Maluku, Jumat (02/09/2022).

Jokowi mengungkapkan, partner yang baru terus didorong agar segera terbentuk lagi, sehingga Blok Masela segera dimulai. Karena nantinya Blok Masela dapat berdampak besar terhadap perekonomian di Kabupaten Kepulauan Tanimbar, utamanya di Saumlaki.

Jokowi meyakini, produksi liquefied natural gas (LNG) Masela dapat berkontribusi terhadap produk domestik regional bruto (PDRB) di Provinsi Maluku.

“Nanti yang mendapatkan keuntungan besar kalau Blok Masela adalah di Kepulauan Tanimbar, di Saumlaki. Itu akan baik untuk perputaran uang di daerah, untuk PDRB di Kabupaten Kepulauan Tanimbar dan juga Provinsi Maluku,” ungkap dia.

Sementara itu, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian (Menko Ekon), Airlangga Hartarto menjelaskan, pemerintah mempertimbangkan Indonesia Investment Authority (INA) untuk turut masuk dalam proyek pengembangan Blok Masela.

“Dalam arahan Bapak Presiden, untuk segera dinegosiasikan dan dicarikan investor baru termasuk mempertimbangkan INA untuk masuk di dalam proyek tersebut,”jelas dia. 


 

Editor : Sidratul Muntaha

Follow Berita iNews Palembang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut