get app
inews
Aa Read Next : Tak Dipecat, Bharada E Tetap Jadi Bagian Anggota Polri dengan Sejumlah Pertimbangan Ini

Komnas HAM Sebut Bharada E Akui Irjen Ferdy Sambo Tembak Brigadir J Dua Kali

Sabtu, 20 Agustus 2022 | 13:35 WIB
header img
Irjen Pol Ferdy Sambo disebut Bharada E tembak Brigadir J dua kali.(Foto: dok Humas Polri)

JAKARTA, iNewspalembang.id – Drama perkembangan kasus pembunuhan Brigadir J terus berlanjut. Terbaru, dari keterangan Bharada E saat pemeriksaan, mantan Kadiv Propam Polri, Irjen Pol Ferdy Sambo ikut menembak Brigadir J sebanyak dua kali.

"Waktu itu dibilang dalam kondisi sangat tertekan, karena disuruh menembak, dia juga kan tidak mengerti kenapa disuruh menembak. Sementara kan dia ini dekat dengan Brigadir J," kata Komisioner Komnas HAM, Ahmad Taufan Damanik, meniru pernyataan Bharada E, kepada MPI, Sabtu (20/8/2022).

Taufan melanjutkan, atas dasar itulah komnas HAM akan terus mendalami kasus tersebut dengan bukti serta keterangan yang ada.

" Itu keterangan Bharada E (Sambo tembak Yosua dua kali). Tugas penyidik untuk mendalaminya lagi dengan bukti yang kuat," ujar dia.

Taufan mengungkapkan, saat waktu menembak, Bharada E memalingkan kepala sambil memejamkan mata. Nantinya, sambung Taufan, bagaimana konstruksi kejadian akan terlihat pada proses pengadilan, karena menurutnya terdapat eksekutor lainnya yang melakukan penembakan terhadap Brigadir J.

"Di pengadilan nanti, tidak cukup hanya dengan pengakuan. Kami meyakini eksekutornya tidak satu orang, berdasarkan hasil forensik dan balistik. Tugas penyidik mencari bukti siapa lainnya eksekutor itu. Menurut Bharada E, ya FS" ungkap dia.

Taufan mengingatkan, pengadilan agar dapat berhati-hati dalam menjalankan proses pengungkapan fakta kasus kejadian penembakan tersebut.

"Sekali lagi, ingat di pengadilan akan sangat riskan kalau hanya berdasarkan keterangan itu," tandas dia.


 

Editor : Sidratul Muntaha

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut