get app
inews
Aa Read Next : Beni Hernedi Ungkap Sejumlah Persoalan di Kabupaten Muba yang Butuh Percepatan

Muba Minta Tambahan Kuota Jargas, Apriyadi Temui Kementrian ESDM

Senin, 20 Juni 2022 | 13:19 WIB
header img
Pj Bupati Musi Banyuasin (Muba) Apriyadi MSi mendatangi Kementerian Energi Sumber Daya dan Mineral (ESDM) Senin (20/6/2022), untuk meminta tambahan kuota jaringan gas (jargas). (Foto : Humas Pemkab Muba)

JAKARTA, iNews.id -  Pj Bupati Musi Banyuasin (Muba) Apriyadi MSi mendatangi Kementerian Energi Sumber Daya dan Mineral (ESDM) Senin (20/6/2022), untuk meminta tambahan kuota jaringan gas (jargas).

Apriyadi mengatakan, kelangkaan gas  kerap  menjadi masalah di  Muba sehingga menjadi perhatian serius baginya. Muba merupakan salah satu daerah yang memiliki sumber gas yang besar, dan kondisi ini tentunya   jargas sambungan rumah (SR) dapat dinikmati merata  warga Muba.

"Pemkab Muba berharap  tahun 2023 nanti dapat tambahan kuota SR untuk warga, sehingga  warga Muba merata mendapatkan SR Jargas," kata Apriyadi saat menemui 

Direktur Perencanaan dan Pembangunan Infrastruktur Migas Kementerian ESDM Republik Indonesia, Muhammad Noor Arifin.

Kandidat Doktor Universitas Sriwijaya ini menuturkan,  adanya SR Jargas ke rumah-rumah warga secara merata   menjadi andil menekan angka kemiskinan di  Muba, warga terbantu karena biaya pemakaiannya lebih murah  dibandingkan membeli gas tabung yang  sering sulit diperoleh.

Menurutnya, pada tahun 2023 Kecamatan Lais  menjadi prioritas  mendapatkan Jargas SR bagi warga. 

Sementara itu, Plt Kepala Bappeda Muba Sunaryo  merinci,  Kabupaten Muba sudah mendapatkan kuota pemasangan Jargas SR warga sejak tahun 2017 dengan total  6.031 SR.

 Kemudian pada tahun 2020 mendapatkan 4.385 SR di Sekayu, 2.995 SR di Sungai Lilin, dan 782 SR di Bayung Lencir, dan di tahun 2022 ini mendapatkan 2.925 SR di Bayung Lencir yang saat ini dikerjakan di 3 Desa dan 1 Kelurahan.

Sunaryo berharap SR Jargas ini  berlanjut di tiga Kecamatan yang sudah didata Calon Pelanggan (Capel) dan disusun FEED dan DED di Kecamatan Bayung Lencir, Babat Supat, dan Tungkal Jaya.

"Kemudian juga diharapkan di Kecamatan Sungai Lilin mengingat sudah Metering Regulator System (MRS) yang mengcover 150 ribu SR, atau data existing di lapangan baru mengcover 2.995 SR," jelasnya.

Sedangkan, Direktur Perencanaan dan Pembangunan Infrastruktur Migas Kementerian ESDM  Republik Indonesia, Muhammad Noor Arifin  mengapresiasi Pemkab Muba yang  getol  memaksimalkan SR jargas untuk warga Muba.

"Untuk tahun 2022 ini kita pastikan pemasangan SR Jargas di Bayung Lencir bisa tuntas dan dinikmati oleh warga Muba," ucapnya.

Ia menambahkan, upaya Pemkab Muba dalam menginventarisir SR Jargas di Muba sangat tepat, terlebih daerah Muba merupakan wilayah penghasil gas. "Semoga di tahun 2023  ada solusi, sehingga Jargas dapat dinikmati secara merata oleh warga Muba," katanya. 

Editor : Agustian Pratama

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut