get app
inews
Aa Read Next : Ingin Jadikan Kopi Sumsel Komoditi Andalan, Pj Gubernur Agus Fatoni segera Terbitkan Perda

Begini Imbauan Pj Gubernur Agus Fatoni saat Antar Bantuan ke Warga Terdampak Banjir di Muba

Minggu, 21 Januari 2024 | 21:30 WIB
header img
Pj Gubernur Sumsel Agus Fatoni meninjau sekaligus memberikan bantuan ke lokasi banjir di Kabupaten Musi Banyuasin (Muba).

MUBA, iNewsPalembang.id -  Penjabat (Pj) Gubernur Sumatera Selatann (Sumsel) Agus Fatoni meninjau sekaligus memberikan bantuan ke lokasi banjir di Kabupaten Musi Banyuasin (Muba), tepatnya  Desa Teluk Kijing 1 dan Tanjung Agung Barat. Fatoni bahkan mengantarkan langsung bantuan tersebut ke rumah warga menggunakan perahu karet.

"Kami juga datang memberikan sedikit bantuan semoga bisa meringankan apa yang menjadi kebutuhan Bapak dan Ibu sekalian," kata Fatoni di Posko Penanggulangan Bencana Banjir Desa Tanjung Agung Barat, Kecamatan Lais Kabupaten Musi Banyuasin, Jumat (19/1/2024). 

Bantuan ini terdiri dari 2.750 kilogram beras, 670 paket sembako, 50 lembar matras, 520 paket makanan siap saji, 200 lembar selimut, 100 tenda gulung, 100 paket baju bayi, 180 paket baju anak, 100 kotak biskuit, dan peralatan medis beserta obat-obatan. Selain itu, terdapat pula bantuan berupa 50 dus mi instan, 500 paket lauk pauk siap saji, 100 liter minyak goreng, 250 paket pembalut wanita, serta kebutuhan lainnya untuk ibu hamil dan balita.

"Mudah-mudahan bantuan ini dapat diberikan secara berkelanjutan agar bersama-sama kita dapat mengatasi, menangani, dan meringankan beban masyarakat yang terdampak banjir, " ungkap Agus Fatoni.

Bantuan tersebut berasal dari Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), Bank Sumsel Babel (BSB), sejumlah perusahaan di Sumsel, dan juga partisipasi masyarakat. Selain bantuan yang telah disalurkan pada kesempatan ini, Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan (Pemprov Sumsel) sebelumnya juga telah memberikan bantuan secara bertahap kepada beberapa daerah yang terdampak banjir di Sumsel, seperti Kabupaten Muratara dan Kabupaten Muaraenim.

Fatoni juga memberikan himbauan kepada warga untuk menjaga lingkungan dan tetap waspada guna mencegah kemungkinan-kemungkinan yang belum terjadi.

"Bencana bisa datang kapan saja dan kita bisa saling mengingatkan agar semua warga menjaga kesehatan dan keamanan di lingkungan masing-masing," jelasnya. 

Ketika melakukan peninjauan di lokasi terdampak banjir, Agus Fatoni turut berupaya menghibur warga dengan menyampaikan pantun-pantun yang mengundang tawa. Menurutnya, hiburan ringan seperti ini sangat dibutuhkan oleh warga agar dapat mengurangi rasa panik, stres, dan tetap mempertahankan semangat dalam menghadapi musibah, sehingga mereka dapat kembali beraktivitas normal.

"Kedatangan kami ini juga sebagai wujud kecintaan kami pada warga," ungkapnya.

Pada kesempatan yang sama, Pejabat Pelaksana Tugas (Pj) Bupati Musi Banyuasin (Muba), Apriyadi, yang mewakili masyarakat Muba, menyampaikan apresiasi dan terima kasih atas kepedulian dari Pejabat Pelaksana Tugas (Pj) Gubernur Sumatera Selatan, Agus Fatoni, terhadap masyarakat. Apriyadi menjelaskan bahwa sebanyak 9 dari 15 kecamatan di Muba terdampak banjir dengan ketinggian air bervariasi hingga mencapai 2 meter lebih.

"Jumlah rumah tangga yang terdampak banjir mencapai 20.262 rumah/KK, dan dalam satu minggu terakhir, lebih dari 500 rumah tangga tidak dapat beraktivitas. Oleh karena itu, kami membuka posko," jelasnya.

Setelah menyerahkan bantuan secara simbolis, Agus Fatoni bersama dengan rombongan langsung mengantarkan bantuan ke rumah-rumah warga yang terdampak banjir, menggunakan perahu karet. Fatoni didampingi oleh Pj Bupati Muba Apriyadi, Asisten I Pemerintah dan Kesra Provinsi Sumsel, Edward Chandra, serta Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Sumsel, M Iqbal Alisyahbana.
 

Editor : Suriya Mohamad Said

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut