Menko Airlangga Minta Sumsel Awasi Distribusi Minyak Goreng Curah

Ian
Menko Perekonomian RI, Airlangga Hartato meminta pemerintah provinsi dan kabupaten/kota termasuk Sumatera Selatan (Sumsel), mengawasi distribusi minyak goreng curah (MGC). (Foto : Humas Pemprov Sumsel)

PALEMBANG, iNews.id - Menko Perekonomian RI, Airlangga Hartato meminta pemerintah provinsi dan kabupaten/kota termasuk Sumatera Selatan (Sumsel), mengawasi distribusi minyak goreng curah (MGC).

Hal ini terungkap dalam Rapat Koordinasi Terbatas Kegiatan Minyak Goreng Curah (MGC) diselenggarakan  Kemenko Perekonomian RI secara virtual, yang diikuti Wakil Gubernur Sumsel  Mawardi Yahya  di Command Center Kantor Gubernur Sumsel, Selasa (19/4/2022). 

Rapat minyak goreng curah dipimpin langsung  Menko Perekonomian RI, Airlangga Hartato,  dihadiri para Menteri diantaranya Menteri Perindustrian, Agus Gumiwang Kartasmita, Menteri Perdagangan RI, Muhammad Lutfi, Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo, Menteri Perhubungan RI, Budi Karya Sumadi serta para Kepala Daerah di Indonesia dan intansi terkait.

 Menko Perekonomian RI, Airlangga Hartato mengungkapkan, kondisi saat ini Harga Eceran Tertinggi (HET) minyak goreng curah belum terbentuk di daerah, sehingga diperlukan beberapa upaya.

Menko meminta Dirjen Bina Pembangunan Daerah Kementerian Dalam Negeri, Satgas Pangan, Pemerintah Provinsi dan Pemerintah Kabupaten/kota  mendorong satgas ketahanan pangan daerah yang dipimpin  Sekda dinas terkait, untuk aktif mengawasi serta memantau distribusi MGC dari distributor.

Sementara itu,  Wagub mengatakan   Sumsel sendiri terkait MGC ini tidak ada masalah, karena  kebutuhan setiap bulannya sudah ada.
Wagub  menyebut Pemprov Sumsel bersama Forkopimda sudah turun langsung ke lapangan  mengecek langsung MGC ini di pasar-pasar.

Sedangkan   Menteri Perindustrian RI, Agus Gumiwang Kartasmita menuturkan, perlu dukungan  semua pihak dalam kelancaran distribusi minyak curah.

Menurutnya, dalam pengawasan/sidak yang telah dilakukan ditingkat distributor,  memang ditemukan penyelewengan dan kenakalan oleh distributor.

Menteri Perhubungan RI, Budi Karya Sumadi siap mendukung kelancaran pasokan bahan pokok termasuk minyak goreng. 
 Kemenhub telah menyiapkan strategi  menjaga stabilitas harga barang pokok melalui sektor transportasi guna menjamin kelancaran distribusi.
 

Editor : Agustian Pratama

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network