ASEAN U-16 Boys Championships 2024, Garuda Muda Bantai Vietnam Lima Gol Tanpa Balas

Sidra
Punggawa Timnas Indonesia U-16 saat selebrasi usai mencetak gol ke gawang Vietnam U-16, pada perebutan tempat ketiga ASEAN U-16 Boys Championships 2024, di Stadion Manahan, Solo, Rabu (3/7/2024) sore. (iNewspalembang.id/ist)

SOLO, iNewspalembang.id – Tim Nasional (Timnas) Indonesia U-16 membayar kekalahan atas Australia di semifinal ASEAN U-16 Boys Championships 2024, dengan membantai Vietnam 5-0 di Stadion Manahan, Solo, Rabu (3/7/2024) sore.

Kemenangan telak atas Vietnam pada perebutan tempat ketiga ini menjadi obat penawar bagi publik sepakbola Tanah Air atas kegagalan menembus final. Terlebih, Vietnam sendiri saat ini sudah menjadi musuh bebuyutan Indonesia di semua kompetisi.

Lima gol yang cetak Garuda Muda tersebut yakni dari brace Muhammad Zahaby Gholy pada menit ke-45 dan 78. Kemudian, Dafa Zaidan dimenit 45+4, sera dua gol dari Daniel Alfrido pada menit 75 dan 82. 

Usai pertandinga, Pelatih Timnas Indonesia U-16, Nova Arianto menyatakan, bersyukur anak asuhnya mampu merebut tempat ketiga turnamen ini, terlebih Vietnam bukan tim yang mudah dikalahkan. 

“Laga ini tidak mudah bagi kami, apalagi recovery tim hanya satu hari. Anak-anak mampu memberikan permainan terbaik dan bermain sesuai dengan skema yang kami inginkan,” ujar dia. 

Nova juga mengapresiasi seluruh pemain atas kemenangan ini dan berpesan jangan berpuas diri, karena masih ada event selanjutnya yakni kualifikasi Piala AFC U-17 2025 bulan Oktober mendatang dan tentunya karier mereka masih panjang. 

Apalagi, pada Kualifikasi Piala AFC U-17 2025 nanti, Indonesia satu grup dengan tuan rumah Kuwait, Australia dan Kepulauan Mariana Utara. 

“Kami akan persiapan ke Kualifikasi Piala AFC U-17 2025 mendatang. Road map program pemusatan latihan menuju turnamen tersebut sudah kami dan PSSI siapkan termasuk program uji coba internasional nantinya,” ungkap dia.

“Untuk pemain, tentu kami juga masih mencari pemain-pemain untuk tambahan skuad ini dengan kualitas yang kami inginkan,” imbuh Nova.

Sementara itu, Muhammad Zahaby Gholy menuturkan, bersyukur bisa memberi kemenangan untuk Indonesia dan berkontribusi lewat dua gol ke gawang Vietnam.

“Bersyukur dapat mencetak dua gol dan mohon maaf kami belum bisa meraih juara pada ajang ini. Setelah ini kami fokus ke Kualifikasi Piala AFC U-17 2025, karena kami ingin lolos putaran final turnamen tersebut dan ingin masuk Piala Dunia U-17 2025,” tandas Man of the Match versus Vietnam itu. 

 

Editor : Sidratul Muntaha

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network