get app
inews
Aa Read Next : Nova Arianto Sebut Siap Hadapi Siapapun di Semifinal ASEAN U-16 Boys Championship 2024

Kampanye Timnas di ASEAN U-16 Boys Championships Terhenti di Semifinal, Ini Respons Erick Thohir

Selasa, 02 Juli 2024 | 15:58 WIB
header img
Ketua Umum PSSI, Erick Thohir memberi pengarahan kepada pemain Timnas Indonesia U-16, usai dikalahkan Australia di Stadion Manahan, Solo, Senin (1/7/2024) malam. (iNewspalembang.id/ist) 

SOLO, iNewspalembang.id – Kampanye Tim Nasional (Timnas) Indonesia U-16 di ASEAN U-16 Boys Championships atau AFF U-16 2024, terhenti di fase semifinal.

Terhentinya langkah Garuda Muda di babak semifinal tersebut, setelah ditaklukan Australia dengan skor 3-5, di Stadion Manahan, Solo, Senin (1/7/2024). Timnas U-16 sendiri masih harus menjalani laga perebutan peringkat ketiga kontra Vietnam, pada Rabu (3/7/2024).

Meski kalah, Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, tetap menyampaikan rasa salut kepada seluruh pemain Timnas U-16. Karena, tampil dengan 10 pemain sejak babak pertama, namun bisa membuat dua gol dan ini menunjukkan fighting spirit yang luar biasa.

“Saya bilang ke mereka jangan tertunduk dan jangan nangis karena tidak ke final, karena mereka bermain sangat baik," ujar Erick usai menonton pertandingan itu secara langsung.

Erick mengatakan, masih ada kesempatan untuk peringkat ketiga, jadi untuk semua pemain jangan kendor.

“Apalagi saya lihat mereka masa depan sepakbola Indonesia. Ada 3-4 pemain dari U-16 ini bisa jadi pelapis di U-19 atau U-21. Jadi masih panjang perjalanan mereka untuk berprestasi,” kata dia.

Pada semifinal kontra Australia tersebut, Timnas U-16 mampu membuat gol cepat dimenit ke-3 lewat Muhammad Zahaby Gholy melalui sundulan usai meneruskan umpan silang Mathew Baker. Australia menyamakan kedudukan 1-1 lewat gol Amlani Tatu melalui tendangan bebas di menit ke-23.

Indonesia harus bermain dengan 10 pemain sejak menit ke-29 setelah bek Raihan Apriansyah mendapatkan kartu kuning kedua yang berujung kartu merah. Australia kemudian berhasil unggul 2-1 lewat tendangan Quinn Macnicol pada menit ke-45+2. Namun, Australia dikejutkan lewat gol penyeimbang 2-2 yang dicetak Gholy pada menit ke-45-4.

Masuk babak kedua, tepatnya dimenit ke-66 Mathew Baker melakukan blunder saat melakukan intersep. Sundulan Baker di lini pertahanan mengarah kepada Tatu dan langsung melepaskan tendangan voli untuk membobol gawang Indonesia. Australia unggul 3-2 atas Indonesia.

Lagi-lagi Australia menambah gol ke empat di menit ke-71 lewat skema serangan balik. Gol dicetak Anthony Stipe Didulica usai meneruskan umpan silang Tatu. Berikutnya, di menit ke-86 penyerang Australia Anthony Stipe Didulica kembali mencetak gol. Kali ini sundulan Anthony Stipe Didulica membawa Australia unggul 5-2 atas Indonesia.

Indonesia mampu memperkecil ketertinggalan menjadi 3-5 lewat sundulan Josh Holong pada menit ke-90+1 usai meneruskan umpan tendangan bebas Fandi Ahmad.

 

Editor : Sidratul Muntaha

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut