Jokowi Sebut Pendidikan Vokasi Punya Peran Penting Ajarkan Iptek yang Relevan

Sidra
Presiden Jokowi meresmikan Pembukaan Vokasifest dan Festival Kampus Merdeka ke-3, Senin (11/12/2023), di Graha Bhakti Budaya Taman Ismail Marzuki, Jakarta. (iNewspalembang.id/Humas Setkab)

JAKARTA, iNewspalembang.id – Presiden Joko Widodo (Jokowi) mendorong dunia pendidikan untuk terus berinovasi dan mengembangkan talenta-talenta muda Indonesia.

Hal itu, karena saat ini perubahan dunia dan disrupsi teknologi yang terjadi dengan sangat cepat.

“Pendidikan tinggi, pendidikan vokasi juga punya peran yang penting untuk mengajarkan iptek yang relevan, yang bisa meningkatkan akses masyarakat untuk menikmati pendidikan yang lebih baik,” ujar dia, pada pembukaan Vokasifest dan Festival Kampus Merdeka ke-3, di Graha Bhakti Budaya Taman Ismail Marzuki, Jakarta, Senin (11/12/2023).

Jokowi menekankan, lembaga pendidikan harus dapat menjawab kebutuhan saat ini maupun tantangan di masa yang akan datang.

“Pendidikan kita harus sesuai dengan kebutuhan masa kini dan masa depan, harus memecahkan masalah, harus juga bisa memanfaatkan peluang, memanfaatkan opportunity yang ada,” kata dia.

“Penyiapan future talent, penyiapan future skill itu betul-betul sekarang ini jauh lebih konkret, dan hasilnya tadi disampaikan oleh Mas Menteri bahwa Global Talent Competitiveness Index kita naik sangat tinggi,” imbuh dia.

Presiden Jokowi juga mengapresiasi Vokasifest dan Festival Kampus Merdeka sebagai jembatan kerja sama antara perguruan tinggi dan sekolah dengan industri.

“Ini menunjukkan kolaborasi, menunjukkan kerja sama yang konkret antara perguruan tinggi, sekolah, dan industri yang sekaligus mendekatkan mahasiswa, mendekatkan siswa, ke dunia kerja,” tandas dia.

Editor : Sidratul Muntaha

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network