Kirim Bantuan Kedua ke Gaza, Jokowi Sebut Menlu Retno Diutus Galang Dukungan Politik Palestina

SIdra
Presiden Jokowi saat melihat bahan bantuan ke Gaza, sebelum melepas bantuan kemanusiaan tersebut di Pangkalan Udara TNI AU Halim Perdanakusuma, Senin (20/11/12023). (iNewspalembang.id/tangkap layar)

JAKARTA, iNewspalembang.id – Pemerintah kembali mengirimkan bantuan kemanusiaan tahap dua berupa obat-obatan, perlengkapan rumah sakit, dan kebutuhan lainnya, untuk Palestina di Gaza.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan, bahwa bantuan tersebut tak hanya berasal dari  pemerintah tetapi juga sektor swasta dan sejumlah organisasi kemanusiaan.

“Alhamdulillah hari ini kita akan mengirimkan bantuan pada Saudara-saudara kita di Gaza sebanyak dua pesawat, yang akan diangkut sebesar 21 ton, yang ini adalah berupa obat-obatan, kemudian perlengkapan rumah sakit, makanan, dan barang keperluan lainnya sesuai kebutuhan masyarakat di Gaza,” ujar Presiden, saat melepas bantuan kemanusiaan di Pangkalan Udara TNI AU Halim Perdanakusuma, Senin (20/11/12023).

Bantuan ini sendiri, ungkap Jokowi, bersumber dari anggaran pemerintah sebesar Rp31,9 miliar dan juga berasal dari perusahaan, masyarakat, seperti PT Paragon Teknologi Inovasi, kemudian Indonesian Humanitarian Alliance, Kitabisa, Baznas, WeCare, dan yang lain-lainnya.

“Seperti pada tahap pertama, bantuan ini akan dikirim melalui Bandara El Arish, Mesir, kemudian selanjutnya akan disalurkan ke Gaza,” ungkap dia.

Selain soal pengiriman bantuan, Jokowi menekankan, Indonesia akan terus memberikan dukungan politik bagi Palestina. Saat ini, sambung dia, Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno LP Marsudi sebagai salah satu utusan khusus Organisasi Kerja Sama Islam (OKI) sedang berkoordinasi dengan sejumlah negara untuk menggalang dukungan agar kekejaman di Gaza bisa dihentikan.

“Kita berharap gencatan senjata dapat segera dilakukan sehingga bantuan kemanusiaan dapat masuk dengan baik ke Gaza. Sekali lagi, saya tegaskan bahwa Indonesia akan terus bersama mendukung perjuangan bangsa Palestina,” tandas dia.



 

Editor : Sidratul Muntaha

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network