Gandeng BIN Sumsel, Muba 'Door to Door' Vaksinasi Siswa SLB

Mamad
Plt Bupati Muba Beni Hernedi meninjau langsung vaksinasi siswa Sekolah Luar Biasa (SLB) Negeri Sekayu, Kamis (16/12/2021). Humas Muba

 

SEKAYU, iNews.id – Guna melindungi siswa Sekolah Luar Biasa (SLB) Negeri Sekayu dari Coronavirus Disease 2019 (Covid-19), Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin (Muba) bersama Badan Intelejen Negara (BIN) Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) kembali menggelar vaksinasi Covid-19, Kamis (16/12/2021).

Pada vaksinasi yang melibatkan personel TNI, Polri kali ini, dilakukan dengan menjemput langsung (door to door) anak Berkebutuhan Khusus (Disabilitas) yang berusia di atas 12 tahun menuju lokasi pelaksanaan vaksinasi massal.

Dikatakan Plt Bupati Muba Beni Hernedi, vakasinasi di Muba saat ini telah mencapai 75 persen lebih. Tentunya itu menjadi pencapaian yang luar biasa.

Sesuai dengan arahan Presiden RI Joko Widodo bahwa setiap kepala daerah harus memberi perhatian khusus terhadap pelaksanaan vaksin ini, dan  akhir tahun 2021 ini setiap daerah harus mencapai 80 persen, artinya Kabupaten Muba yakin bisa mencapai target tersebut.

"Pelaksanaan vaksinasi ini tidak hanya dilakukan oleh Pemkab Muba tapi secara bergotong royong bersama TNI, Polri, organisasi, lembaga dan BIN yang hari ini ikut gotong-rotong pelaksanaan vaksinasi massal tentu kami sangat apresiasi.

Masih kata Beni Hernedi, vaksinasi kali ini menyasar kaum disabilitas yang berusia di atas 12 tahun.

“Kita perlakukan secara khusus dengan jemput door too door, kalau tidak demikian tentu mereka akan kesulitan untuk mendatangi lokasi suntik vaksin Covid-19 ini," ucapnya.

Ketua PMI Kabupaten Muba ini juga mengatakan, pemberian vaksin merupakan salah satu upaya yang dinilai paling efektif untuk mengatasi pandemi Covid-19 yang masih terus berlangsung, vaksin Covid-19 dapat memicu sistem imunitas tubuh untuk melawan virus corona.

"Dengan vaksin, resiko terinfeksi virus akan jauh lebih  kecil kalaupun seseorang yang sudah divaksin tertular Covid-19, vaksin bisa mencegah terjadinya gejala yang berat dan komplikasi," ucapnya.

"Diharapkan dengan dilakukannya vaksinasi ini akan mempercepat vaksinasi di Indonesia untuk mencapai kekebalan komunal (herd immunity) khususnya di Kabupaten Muba agar bisa segera terbebas dari pandemi Covid-19," tambah Beni.

Usai suntik vaksin Covid-10 para anak disabilitas diberi uang saku, diserahkan langsung oleh Kepala Binda Sumatera Selatan Brigjen TNI Armansyah SH. Dirinya mengatakan, pelaksanan vaksinasi di Kabupaten Muba sudah berulang kali dilaksanakan oleh pihak Binda Sumsel berkolaborasi bersama Pemkab Muba melalui Dinas Kesehatan.

"Penyandang disabilitas termasuk salah satau komponen yang rentan terhadap virus Covid-19, oleh karena itu perlu perhatian khusus bagi penyandang disabilitas supaya mereka dapat kesetaraan dalam hal pelayanan publik," ucapnya.

Editor : M. Rizal Effendi

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network