get app
inews
Aa Read Next : Pulang Antar Anak Latihan Karate Kalung Emas Milik IRT di Palembang Ini Lepas dari Leher

Tahapan Pendaftaran Bakal Calon di KPU, Kapolrestabes Palembang Ingatkan Pendukung dan Simpatisan

Selasa, 27 Agustus 2024 | 15:35 WIB
header img
Kapolrestabes Palembang, Kombes Pol Harryo Sugihhartono. (iNewspalembang.id/Ahmad Teddy KN)

PALEMBANG, iNewspalembang.id – Proses pengamanan pada tahapan Pilkada Serentak 2024 di Palembang mendapat perhatian khusus dari Polrestabes Palembang, Polda Sumsel, bersama Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Seperti diketahui, bahwa saat ini Pilkada Serentak 2024 sudah masuk tahapan pendaftaran pasangan bakal calon ke KPU. Khusus di Palembang, pengamanan dilakukan saat momen deklarasi dan ramainya pendung dan simpatisan yang pengantar pasangan calon mereka.

Menurut Kapolrestabes Palembang, Kombes Pol Harryo Sugihhartono, karena yurisdiksi Pilkada Gubernur Sumsel 2024 dan Pilkada Palembang 2024 ada di Kota Palembang, maka pihaknya yang bertanggung jawab atas kegiatan tersebut.

“Kita dibantu backup Polda Sumsel terkait dengan kekuatan personel maupun pengendali yang ada,” ujar dia, Senin (26/8/2024).

Harryo mengatakan, seperti pada deklarasi pasangan bakal calon gubernur (bacagub) Herman Deru-Cik Ujang di Stadion Gelora Sriwjaya Jakabaring, pada Selasa (27/8/2024), yang mengerahkan massa terkonsentrasi di Jakabaring Sport City sekitar 10.000 orang.

Pihaknya, sambung Harryo, akan memberi satuan pengamanan termasuk nanti saat mendaftar ke KPU Sumsel. apalagi, pihak KPU membatasi tim dari bacagub yang mendampingi pasangan tersebut.

“KPU Sumsel menetapkan 100 orang dari masing - masing bakal calon yang diperbolehkan untuk mendampingi. Itupun hanya dibatasi di halaman KPU 70 orang dan 30 orang bisa mendampingi sampai kedalam saat mendaftar,” kata dia.

Untuk bakal calon wali kota (bacawako), ungkap Harryo, sudah ada tiga pasang yang terkonfirmasi dan menginformasikan kepada panitia KPU terkait rencana untuk menggelar pendaftarannya.

Ada pasangan bacawako Yudha-Bahar, pada Selasa (27/8/2024), yang sentral massa terkonsentrasi di posko di Jalan Demang Lebar Daun, dan akan menggelar aksi kompoi dan akan menuju ke KPU Palembang. Pihaknya tentu akan memberikan pengamanan baik saat di jalan maupun di KPU Palembang.

“Bakal calon lainnya, Fitrianti Agustinda-Nandriani akan mendaftar tanggal 28 Agustus 2024, dengan sentral kumpul di kawasan Jalan Pom IX daerah Kampus dekat TVRI, dan akan konvoi menuju KPU dan pasangan Ketiga, Ratu Dewa – Prima Salam akan mendaftar pada tanggal 29 Agustus 2024,” jelas dia.

Terakhir, terang Harryo, setelah rangkaian kegiatan pendaftaran kemudian test kesehatan digelar di RSMH Palembang. Karena kondisi rumah sakit yang ramai dengan pasien lainnya, diharapkan kepada seluruh bakal calon yang telah mendaftar agar tidak membawa massa atau pendamping dalam jumlah banyak.

“Selain itu, rumah sakit ada di jalan protokol dan dikhawatirkan jika tidak tertampung parkir dengan baik akan menyebabkan kemacetan lalu lintas. Tolong dipatuhi sehingga kita pengamanan bisa menjalankan tugas dengan sebaik - baiknya,” tandas dia.

Editor : Sidratul Muntaha

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut