get app
inews
Aa Read Next : Sidang Kabinet Paripurna, Jokowi Tegaskan Sejumlah Hal Termasuk Dukung Program Presiden Terpilih

Kumpulkan Seluruh Bupati dan Wali Kota se Indonesia di IKN, Begini Arahan Khusus Presiden Jokowi

Selasa, 13 Agustus 2024 | 14:35 WIB
header img
Presiden Jokowi saat memberi pengarahan kepada seluruh bupati dan walikota seluruh Indonesia di Istana Negara, IKN, Penajam Paser Utara, Kaltim, Selasa (13/08/2024). (iNewspalemban.id/Foto: Humas Setkab)

PENAJAM PASER UTARA, iNewspalembang.id – Seluruh kepala daerah di Indonesia dikumpulkan Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Negara, Ibu Kota Nusantara (IKN), Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur (Kaltim), Selasa (13/08/2024).

Seluruh kepala daerah tersebut mendapat arahan, khususnya penekanan pada pentingnya menarik investasi dan menjaga stabilitas inflasi. Kemudian, diingatkan untuk belajar dari model investasi yang diterapkan di IKN, terutama bagi daerah yang masih kesulitan dalam pendanaan melalui Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD).

“Untuk menarik investasi itu memang membangun trust, membangun kepercayaan itu yang paling sulit. Saya minta juga kepala daerah mengevaluasi dan memperbaiki potensi daerah agar lebih menarik bagi investor,” ujar dia.

Selain itu, Presiden Jokowi membicarakan pencapaian positif kepala daerah dalam mengendalikan inflasi. Inflasi nasional saat ini berada di angka 2,13 persen, turun dari yang sebelumnya pada angka 2,58 persen.

Namun, Jokowi menekankan pentingnya mempercepat realisasi APBD untuk mendukung daya beli masyarakat. Karena realisasi belanja di kabupaten/kota masih sangat rendah di angka 31 persen.

“Tolong dicek lagi, dilihat lagi, dan didorong agar uang yang ada di APBD ini segera beredar di masyarakat, sehingga perputaran uang di kabupaten, di kota, di provinsi itu semakin baik,” kata dia.

Kemudian, kepada daerah diingatkan pentingnya persiapan Pilkada Serentak 2024 pada November 2024 mendatang. Agar persiapan anggaran, ketertiban dan keamanan segera dipastikan siap.

“Koordinasikan dengan Forkopimda karena ini belum pernah kita memiliki pengalaman untuk melaksanakan Pilkada serentak,” ungkap dia.

Tak lupa, Jokowi berharap kepala daerah yang melihat dan mempelajari konsep pembangunan di IKN dan dapat mengimplementasikan di daerah masing-masing.

“Tadi yang sudah dilihat, di embung sudah, di sumbu kebangsaan juga sudah, dan kalau yang baik yang bisa di-copy, bisa ditiru, mulai direncanakan,” tandas dia.

 

 

Editor : Sidratul Muntaha

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut