get app
inews
Aa Read Next : Polda Sumsel Lagi-lagi Temukan Gudang Penimbun BBM Ilegal di Ogan Ilir

Polda Sumsel Umumkan 11 Peserta Lulus Tingkat Panda Taruna Akpol Angkatan 2024

Kamis, 04 Juli 2024 | 10:15 WIB
header img
Calon Taruna Akpol TA 2024 saat mengikuti proses pengumuman lulus terpilih kuota lulus Tingkat Panda, di Auditorium lantai VII Gedung Utama Presisi Polda Sumsel, Rabu (3/7/2024). (iNewspalembang.id/ist)

PALEMBANG, iNewspalembang.id – Polda Sumsel mengumumkan sebanyak 11 calon Taruna Akademi Kepolisian (Akpol) TA 2024 dinyatakan lulus terpilih kuota lulus Tingkat Panitia Daerah (Panda), di Auditorium lantai VII Gedung Utama Presisi Polda Sumsel, Rabu (3/7/2024).

Seperti diketahui pada sidang akhir Tingkat Panda Penerimaan Taruna/ni Akpol TA 2024 jumlah peserta sebanyak 24 orang, dengan rincian 20 pria dan 4 wanita. Peserta yang dinyatakan lulus terpilih kuota lulus Tingkat Panda tersebut pria 9 peserta dan wanita 2 peserta.

Kapolda Sumsel Irjen Pol A Rachmad Wibowo, SIK, diwakili Karo SDM Polda Sumsel Kombes Pol Sudrajad Hariwibowo, SIK, MSi menyampaikan, seluruh proses seleksi ini diawasi ketat pengawas internal dalam yakni, Inspektorat Pengawasan Daerah (Itwasda) dan Bid Propam Polda Sumsel maupun pengawas eksternal.

“Proses sidang ini dilaksanakan secara terbuka dan hasilnya dapat dilihat secara langsung, hal ini bertujuan untuk menghindari adanya peluang bagi oknum tertentu agar tidak melakukan tindakan yang tidak bertanggung jawab,” ujar dia.

Sementara, Kabid Humas Polda Sumsel, Kombes Pol Sunarto melalui Kasubbid PID AKBP Suparlan, SH, MSi mengatakan bahwa proses penerimaan ini merupakan sebuah kompetisi untuk dapat terpilih menjadi Bhayangkara yang sejati yang berkualitas kedepannya.

“Sebuah kompetisi, tentu punya konsekuensi akan ada peserta yang lulus terpilih dan ada yang lulus namun belum terpilih, sehingga tugas panitia seleksi juga harus betul - betul serius dalam perekrutan penerimaan personel polri ini,” kata dia.

Mengutip ucapan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo pada saat menutup rakorbin SDM Polri di Yogyakarta (19/11/2021) lalu, ungkap Suparlan, SDM Polri itu bisa menjadi ‘koki’ yang meramu kompetensi nilai etika, kepemimpinan dan teknis.

“Tentu untuk mewujudkan sumber daya manusia yang unggul seperti yang diharapkan dan dipercaya oleh masyarakat didalam setiap Individu SDM Polri,” ungkap dia.

Suparlan mengucapkan selamat kepada calon Taruna Akpol yang dinyatakan lulus terpilih serta bagi yang lulus namun belum terpilih diharapkan untuk tidak putus asa dan tetap semangat. Kemudian, untuk mengisi hari - hari ke depan dengan hal - hal yang bermanfaat dengan tetap menjaga mental, fisik serta rohani.

“Koreksi diri sendiri, perbaiki dan tingkatkan kembali kekurangan yang ada dalam diri dengan mempersiapkan diri secara maksimal, yakinlah apabila diri sudah dipersiapkan secara maksimal maka keberhasilan akan datang,” jelas dia.

“Tantangan tugas Polri ke depan akan semakin berat, untuk itu diperlukan personel Polri yang Prediktif, Responsibilitas dan Transparansi Berkeadilan (PRESISI) yang mana selalu siap menjawab dinamika Kamtibmas yang ada ditengah masyarakat,” tandas dia.

 

Editor : Sidratul Muntaha

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut