get app
inews
Aa Read Next : Sidang PHPU Pilpres 2024: Menko PMK Sebut Bagi Bansos Jelang Pemilu Jaga Daya Beli Masyarakat Miskin

PKN di Sumsel Raih 6 Kursi, Lucianty: Kami Partai Muda dan Pendatang Baru di Pemilu 2024

Sabtu, 13 April 2024 | 14:15 WIB
header img
Ketua PKN Pimda Sumsel, ir Lucianty. (iNewspalembang.id/ist) 

PALEMBANG, iNewspalembang.id – Sebagai partai peserta paling muda pada Pemilu 2024 ini, tentu begitu banyak tantangan yang dihadapi Partai Kebangkitan Nusantara (PKN).

Termasuk yang dialami PKN Pimpinan Daerah (Pimda) Sumsel, yang dinakhodai Ir Lucianty. Hasil perjuangan pada Pemilihan Legislatif (Pileg) pada Pemilu 2024 yang baru selesai ini, PKN Sumsel meraih 4 kursi di DPRD Kabupaten Muba, 1kursi di DPRD OKU dan 1 kursi di DPRD Provinsi Sumsel.

Menurut Lucianty, dari semua yang dilalui, tentu pasca-Pileg pada Pemilu 2024 ini pihaknya akan mengevaluasi kepengurusan, baik itu pada tubuh Pimda Sumsel maupun Pimpinan Cabang (Pimcab) kabupaten/kota.

“Ya pasti kita akan adakan evaluasi, karena target-target PKN di Pileg banyak yang belum bisa dicapai,” ujar dia.

Meski begitu, kata Lucianty, semua yang terjadi ini juga bukan karena keselahan kader atau calon legislatif (caleg) dari PKN, tapi karena jaringan dari PKN di Sumsel ini masih sangat baru, ya namanya partai yang baru lahir.

“Kemarin kan kita terkonsentrasi untuk bagaimana PKN ini lolos sebagai partai peserta Pemilu 2024, dengan membentuk pimcab hingga ke ranting, dengan orang-orang yang belum sepenuhnya sesuai kriteria, yang penting ada dulu lah. Sehingga bisa mempersiapkan untuk menjadi peserta Pemiu 2024,” kata dia.

Setelah Pemilu 2024 ini, ungkap Lucianty, tentunya kondisinya sudah berbeda. Karena PKN sudah harus mengevaluasi bahwa kepengurusan PKN di kabupaten/kota harus bisa menjadi kepengurusan yang mandiri.

“Contoh, Pimcab Musi Banyuasin (Muba) itu sudah cukup baik, kebetulan di Muba itu targetnya enam kursi, tapi tercapai empat kursi. Kemudian di daerah lain di Ogan Komering Ulu (OKU) dapat satu kursi,” ungkap dia.

“Jadi keterpilihan dari PKN di Sumsel ini lima kursi di kabupaten dan satu kursi di provinsi. Mudah-mudahan langkah awal ini Insyaallah ke depan langkahnya menjadi lebih mantap lagi,” imbuh dia.

Politisi Perempuan yang juga dipastikan maju pada Pilkada Muba itu menjelaskan, bahwa apa yang diraih PKN Pimda Sumsel ini sangat lumayan. Karena, sebagai partai peserta Pemilu 2024 yang termuda tapi sudah bisa berbicara.

“Seperti inilah gambaran PKN Sumsel. Bagi Kabupaten Muba, ini untuk seluruh Indonesia merupakan satu-satunya kabupaten yang mendapatkan empat kursi. Ada juga di kabupaten lain di luar Sumsel yang mendapat dua atau tiga kursi, namun Kabupaten Muba empat kursi dan jadi yang tertinggi di Indonesia,” tandas dia.

Editor : Sidratul Muntaha

Follow Berita iNews Palembang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut