get app
inews
Aa Read Next : Prabowo-Gibran Tetap Dapat Pengawalan Satgas Pam hingga H-30 Pelantikan Presiden dan Wapres

Tim Hukum AMIN Sebut Praktik Nepotisme Justru Lahir dari Ambisi Presiden Jokowi

Rabu, 27 Maret 2024 | 10:45 WIB
header img
Ketua THN AMIN Bambang Widjojanto. (iNewspalembang.id/ist)

JAKARTA, iNewspalembang.id – Nepotisme pasangan calon nomor urut 2, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka, disebut bukan terjadi secara kebetulan, tetapi menggunakan lembaga Kepresidenan.

Hal tersebut ditegaskan Anggota Tim Hukum Nasional (THN) Anies-Muhaimin (AMIN), Bambang Widjojanto, dalam sidang perdana PHPU, Rabu (27/3/2024).

Bambang mengatakan, praktik nepotisme justru lahir dari ambisi Presiden Joko Widodo (Jokowi), serta keinginan Jokowi melanggengkan kekuasaan kendati jabatan dua periode sudah dilakukan.

"Pertama kali akan menambah periode masa jabatan presiden, instrumennya amandemen UUD 1945 oleh pembantu Jokowi, itu terjadi pada Maret 2022 dan ada pengarahan aparatur desa untuk 3 kali masa jabatan presiden ini gagal," kata dia.

Kemudian, ungkap Bambang, upaya kedua dilakukan dengan membunyikan keinginan memperpanjang masa jabatan melalui menteri kabinetnya. Hasilnya, memuluskan anaknya Gibran Rakabuming Raka sebagai peserta Pemilu 2024 dan ini merupakan upaya yang sama.

"Sekarang kita dalam periode ketiga menentukan Presiden berikutnya, inilah yang dilakukan Presiden Jokowi," tegas dia.

Bambang juga menyentil terkait sikap Presiden Jokowi yang inkonsisten soal wacana perpanjangan masa jabatan Presiden. Pada 2019 silam, Jokowi mengaku menolak wacana itu. Namun pada 2022 lalu, wacana itu hanya ditanggapi sebagai bagian dari demokrasi.

"Sikap inkonsitensi ini ada motif yang sangat terang benderang untuk melanggengkan kekuasaannya," tandas dia.



Artikel ini telah tayang di www.inews.id dengan judul " Tim Hukum AMIN Sebut Nepotisme Prabowo-Gibran Dampak Ambisi Jokowi Langgengkan Kekuasaan ",

Klik untuk baca: https://www.inews.id/news/nasional/tim-hukum-amin-sebut-nepotisme-prabowo-gibran-dampak-ambisi-jokowi-langgengkan-kekuasaan/2.


 

Editor : Sidratul Muntaha

Follow Berita iNews Palembang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut