get app
inews
Aa Read Next : Sidang PHPU Pilpres 2024: Menko PMK Sebut Bagi Bansos Jelang Pemilu Jaga Daya Beli Masyarakat Miskin

Respons Surya Paloh Soal PDI Perjuangan Pakai Hak Angket DPR Terkait Dugaan Kecurangan Pemilu 2024

Sabtu, 24 Februari 2024 | 12:45 WIB
header img
Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh. (iNewspalembang.id/tangkap layar)

JAKARTA, iNewspalembang.id – Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh menyayangkan, pandangan negatif banyak pihak terhadap usulan pengajuan hak angket DPR untuk mengusut kecurangan Pemilu 2024.

Padahal, inisiasi hak angket DPR tersebut perlu dihormati oleh seluruh pihak. Karena, angket itu merupakan hak konstitusional legislator yang dijamin oleh undang-undang (UU).

"Sayang sekali kita ada hak konstitusional diinisiasi siapa pun itu, barangkali saat ini kawan-kawan dari PDIP, misalnya, ah kita katakan tidak baik, kita katakan kurang, kita tidak sepakat. (Angket) itu hak dalam berdemokrasi," ujar dia, di Wisma Nusantara, Jakarta Pusat, Jumat (23/2/2024).

Paloh mengatakan, Koalisi Perubahan pengusung AMIN akan mendukung PDIP untuk ajukan hak angket DPR.

"Jelaslah memberikan suport, memberikan katakanlah dukungan. Prosesnya bagaimana? Ya biarkan dia mengalir saja secara natural saja," kata dia.

Koalisi Perubahan sendiri, sebelumnya mendukung wacana Capres Nomor Urut 3 Ganjar Pranowo untuk menggunakan hak angket DPR guna menyelidiki kejanggalan dalam proses Pemilu 2024.

Sikap itu diputuskan setelah para sekretaris jenderal (sekjen) parpol yang tergabung dalam Koalisi Perubahan yakni, Sekjen Partai NasDem Hermawi Taslim, Sekjen PKB Hasanuddin Wahid dan Sekjen PKS Aboe Bakal Alhabsyi bertemu di NasDem Tower, Jakarta Pusat, Kamis (22/2/2024) lalu.

Usai pertemuan, Hermawi menyampaikan, pihaknya punya kesamaan semangat dengan Anies Baswedan yang mendukung sikap Ganjar agar DPR menggunakan hak angket.

"Kita juga berbicara tentang kemungkinan penggunaan hak angket yang diinisiasi oleh pak Ganjar Pranowo. Semangat kami sebagai satu kesatuan yang utuh, 3 partai yang solid berkoalisi, semangat kami seperti semangat yang disampaikan Pak Anies. Kita siap bersama inisiator PDIP untuk menggulirkan angket," tandas dia.


Artikel ini telah tayang di www.inews.id dengan judul " Surya Paloh Dukung PDIP Gulirkan Hak Angket Pemilu: Biarkan Prosesnya Mengalir ",

Klik untuk baca: https://www.inews.id/news/nasional/surya-paloh-dukung-pdip-gulirkan-hak-angket-pemilu-biarkan-prosesnya-mengalir.

 

Editor : Sidratul Muntaha

Follow Berita iNews Palembang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut