get app
inews
Aa Read Next : Calon Tunggal Disebut Tak Ideal, Ini Daftar Daerah yang Hadapi Kotak Kosong di Pilkada Serentak 2024

Tak Ubah Format Debat Pilpres 2024, KPU Sebut sudah Disusun Bersama Tim Pasangan Calon

Kamis, 11 Januari 2024 | 13:45 WIB
header img
Kantor Komisi Pemilihan Umum RI (FOTO: SINDONEWS)

JAKARTA, iNewspalembang.id – Format debat peserta Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 tidak akan diubah oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Pernyataan tersebut diutarakan kata Komisioner KPU August Mellaz, usai ada penilaian dari Capres nomor urut 3 Ganjar Pranowo, soal kakunya format debat capres yang dbuat KPU.

Menurut Mellaz, sebaliknya KPU mempertanyakan apa yang kurang substantif dari format debat yang ada saat ini.

"Apa yang kurang substantif dari debat ini? Apa, yang format yang ini? Format debat itu bagian dari format yang kita susun bersama-sama dengan tim paslon," ujar dia, Kamis (11/1/2024).

Format debat yang ada saat ini, tegas Mellaz, sudah merata untuk semua pihak. Setiap pasangan calon diberi kesempatan yang sama untuk menjawab pertanyaan, menyampaikan aspirasi, juga bertanya pada paslon lain.

"Format debatnya itu ada momen untuk masing-masing capres ataupun cawapres pada saat pelaksanaan debat menyampaikan visi misinya dengan durasi waktu yang disediakan, kemudian ada segmen, kemudian menjawab pertanyaan terkait dengan tema yang disusun oleh panelis, dan kemudian direspon oleh paslon yang lain. Mana yang kurang substantif?" kata dia.

Kemudian, ungkap Mellaz, selain disebut kurang substantif, sejumlah pihak juga ada yang menyebut durasi debat kurang lama. Terkait hal itu, bila durasi debat tidak dibatasi maka tak ada jaminan moment saling serang akan hilang.

"Waktunya kurang katanya. Ada usul, segmen keberapa bebas. Kalau bebas, justru kan nggak ada jaminan nggak ada serang-menyerang," ungkap dia.

Mellaz menjelaskan, format debat yang ada saat ini sudah optimal dan disusun berdasarkan masukan dari setiap tim paslon.

"Bagi saya gini lah, apa yang sudah kami susun, kami rasa sudah optimal. Untuk format, alur, segmen, termasuk waktu tidak mengalami perubahan. Kalau ada pihak-pihak lain yang berkeberatan atau mengusulkan format lain silakan dilakukan, tapi KPU posisinya di situ," jelas dia.

KPU sendiri, terang Mellaz, selalu melakukan evaluasi setiap kali acara debat selesai dilangsungkan.

"Ini debat sudah tiga kali, makin setiap kali debat ada benchmark tersendiri dan misalnya, apakah dianggap tidak substansial, diperhatikan saja. Pasca debat saya juga observasi," tandas dia.



Artikel ini telah tayang di www.inews.id dengan judul " KPU Tegaskan Tak Akan Ubah Format Debat Pilpres 2024 ",

Klik untuk baca: https://www.inews.id/news/nasional/kpu-tegaskan-tak-akan-ubah-format-debat-pilpres-2024.


 

Editor : Sidratul Muntaha

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut