get app
inews
Aa Read Next : Atasi Macet Panjang, Pj Gubernur Agus Fatoni Usulkan Pelebaran Jalan Palembang - Betung

Anggaran Ada, Pemprov Sumsel dan Pemkot Palembang Sepakat Revitalisasi Taman Wisata Punti Kayu

Jum'at, 29 Desember 2023 | 13:25 WIB
header img
Pj Gubernur Sumsel Agus Fatoni dan Pj Wali Kota Palembang Ratu Dewa, saat meninjau Taman Wisata Alam Punti Kayu, Palembang, Jumat (29/12/2023). (iNewspalembang.id/ist)

PALEMBANG, iNewspalembang.id – Penjabat (Pj) Gubernur Sumsel Agus Fatoni memastikan akan melakukan revitalisasi sejumlah taman kota di Palembang.

Revitalisasi berupa penambahan, perbaikan dan pembangunan dari fasilitas umum serta penanaman pohon-pohon di sekitar itu akan dilakukan bersama Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang dan swasta.

“Anggarannya ada, nanti sharing antara Pemprov, Pemkot dan CSR swasta. Pembangunan fasilitas umum nantinya seperti toilet dan lainnya. Sedangkan untuk besarnya sharing anggaran masih akan dibahas lebih lanjut dan dihitung antara Pemprov dan Pemkot,” ujar Fatoni bersama Pj Wali Kota Palembang Ratu Dewa, saat meninjau Taman Wisata Alam Punti Kayu, Palembang, Jumat (29/12/2023).

Agus Fatoni dan Ratu Dewa bersama-sama meninjau sejumlah taman kota dan tempat wisata di Kota Palembang, mulai dari Taman Wisata Punti Kayu, Taman TVRI, Taman Dharma Wanita dan Kambang Iwak.

Fatoni mengatakan, revitalisasi ini juga untuk menambah estetika, kebersihan, penambahan sarana berolahraga bagi masyarakat dan diyakini dapat mencegah atau mengurangi bencana banjir, dikarenakan memiliki penyerapan air dari taman kota.

Salah satu yang berpotensi untuk dikembangkan, sambung dia, adalah Taman Wisata Punti Kayu.  Karena Taman Wisata Punti Kayu ini terletak di tengah kota, dengan udara yang bersih, sejuk dan alami.

“Saya tadi bersama Pak Pj Walikota berkeliling sungai yang ada di sini. Untuk itu, saya dalam hal ini Pemprov Sumsel akan mengoptimalkan pengembangan Taman Wisata Punti Kayu. Sinergi dan koordinasi dengan pemkot Palembang,” kata dia.

Fatoni mengungkapkan, bukan saja sekadar tempat wisata, Taman Wisata Alam Punti Kayu juga bisa dapat dimanfaatkan untuk berbagai kegiatan, salah satunya olahraga. Terlebih suasana alam di lokasi ini masih sejuk dan memiliki koleksi satwa yang tidak sedikit.

Sekali lagi, tegas Fatoni, Pemprov Sumsel bersama semua pihak baik instansi pemerintah maupun swasta berkomitmen akan mengembangkan Taman Wisata Punti Kayu sebagai tempat wisata dan konservasi.

“Karena sebagian yang ada di punti kayu ini bisa dikelola, sebagian lagi tidak, yaitu untuk dikonservasi,” tegas dia.

Sementara, Pj Wali Kota Palembang Ratu Dewa menuturkan, pihaknya menjamin dan Pemkot Palembang siap berkomitmen dengan Pemprov Sumsel untuk mengembangkan potensi dan kekayaan alam yang ada.

"Kita siapkan dari segi keamanan, kenyamanan dan kebersihan bagi para pengunjung,” tandas dia.

 

 

 

 

Editor : Sidratul Muntaha

Follow Berita iNews Palembang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut