get app
inews
Aa Read Next : Prabowo-Gibran Tetap Dapat Pengawalan Satgas Pam hingga H-30 Pelantikan Presiden dan Wapres

Ini Menu Pilihan Istana Merdeka untuk Makan Siang Tiga Calon Suksesor Presiden Jokowi

Senin, 30 Oktober 2023 | 13:05 WIB
header img
Presiden Jokowi saat menjamu tiga bacapres santap siang bersama di Istana Merdeka, Jakarta, Senin (30/10/2023). (Foto: BPMI Setpres)

JAKARTA, iNewspalembang.id – Makan siang bersama tiga bakal calon presiden (bacapres) dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Merdeka, Jakarta, Senin (30/10/2023), terlihat hangat dan akrab.

Suasana itu terlihat ketika Prabowo Subianto, Ganjar Pranowo, dan Anies Baswedan tiba di Istana Merdeka dan berbincang akrab sambil menunggu Presiden Jokowi di ruang tunggu tamu Istana Merdeka.

Tak menunggu lama, akhirnya Presiden Jokowi muncul dan bersalaman dengan tiga calon suksesornya dan langsung mengajak mereka untuk menuju ruang makan bundar.

Sejumlah menu yang disajikan untuk calon suksesor Jokowi tersebut, nasi putih, soto lamongan, ayam kodok, sapi lada hitam, dan bebek panggang. Selain itu tampak juga cumi goreng, udang goreng telur asin, kaylan cah sapi, hingga sajian minuman es laksamana mengamuk serta jus jeruk.

Suasana santap siang tersebut tentu diselingi perbincangan yang akrab Presiden Jokowi bersama ketiga capres pun berlangsung dengan hangat.

Usai makan siang, Prabowo Subianto mengucapkan terima kasih kepada Presiden Jokowi atas undangan makan siang tersebut.

“Tadi kita baru saja diundang makan oleh Bapak Presiden dan lumayan tadi ya makannya. Ada soto tadi, lontong, cumi-cumi, sayur, lumayan jadi bagus ya kita juga dalam suasana yang akrab. Dan tadi kami juga ucapkan terima kasih diundang. Kalau enggak diundang kita jarang bisa kumpul ya,” ujar dia kepada media.

Kemudian, Anies Baswedan mengungkapkan, menyampaikan harapan rakyat yang ingin agar para aparat bisa menjaga netralitasnya dalam perhelatan pilpres mendatang. Lalu Presiden Jokowi juga menyampaikan kepada para kepala daerah hingga TNI-Polri terkait netralitas tersebut.

“Kami melihat itu adalah pesan penting yang bisa membuat pilpres kita besok berjalan dengan aman, damai, karena seluruh unsur penyelenggara menunjukkan sikap yang netral, yang profesional. Jadi itu salah satu yang kami sampaikan kepada beliau dan beliau merespons positif, baik, sehingga diskusi kita juga tadi lancar,” ungkap dia.

Sementara, Ganjar Pranowo menuturkan, Presiden Jokowi akan mendukung sistem demokrasi yang baik. Ia pun mengajak semua pihak untuk bersama-sama menjaga agar pemilu bisa berjalan dengan baik, damai, dan adil.

“Beliau orang baik, insyaallah juga akan mendukung sistem demokrasi yang baik, dan mudah-mudahan tadi apa yang disampaikan oleh beliau-beliau juga insyaallah akan bisa dilaksanakan. Tugas kita, yuk kita jaga bersama-sama pemilu ini damai, para aparaturnya betul-betul imparsial, semua bisa berjalan dengan fair, dan kita bisa saling menjaga,” tandas dia.

Editor : Sidratul Muntaha

Follow Berita iNews Palembang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut