get app
inews
Aa Read Next : Soal Ada Aditor Sebut Minta Rp12 Miliar ke Kementan agar Raih WTP, BPK Beri Penjelasan Begini

Ini Pesan dan Perintah Tegas Kapolri, Terkait Penanganan Dugaan Kasus Pemerasan SYL

Selasa, 17 Oktober 2023 | 14:05 WIB
header img
Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo (FOTO: INEWS.ID)

JAKARTA, iNewspalembang.id – Penanganan dugaan kasus pemerasan pimpinan KPK kepada mantan Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo (SYL) harus dilakukan secara cermat dan profesional.

Perintah tersebut langsung disampaikan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo kepada jajarannya. Terlebih, kasus itu telah menjadi perhatian publik sehingga setiap proses hukum yang berjalan akan diperhatikan khayalak. 

"Karena kasusnya menjadi perhatian publik, jadi saya sudah perintahkan agar prosesnya harus betul-betul ditangani secara profesional," ujar Kapolri usai apel gelar pasukan Operasi Mantap Brata di Silang Monas, Jakarta Pusat, Selasa (17/20/2023). 

Kemudian, tegas Sigit, pihaknya mengerahkan Propam untuk mengawasi penanganan kasus ini untuk menjamin profesionalitas. Makanya, dalam setiap tahapannya harus dampingi.

“Bareskrim, Propam saya minta turun sehingga setiap tahapan yang berjalan itu betul-betul profesional. Itu yang saya minta sehingga semuanya bisa dipertanggungjawabkan," tegas dia.

Sigit menjelaskan, pihaknya sangat berhati-hati dalam menangani setiap kasus yang ada, termasuk soal dugaan pemerasan tersebut. Walau saat ini penanganan dilakukan oleh Polda Metro Jaya, tetapi Mabes Polri turut memberikan asistensi yang dilakukan oleh Direktorat Korupsi Bareskrim.

Hanya saja, Sigit enggan menjawab saat ditanyakan apakah pimpinan KPK yang diusut dugaan pemerasan adalah Ketua KPK Firli Bahuri. Sigit hanya berpesan agar Polda Metro Jaya dan asistensi yang dilakukan Mabes Polri dapat dilakukan secara cermat. 

"Itu sangat teknis. Pesa saya dilaksanakan cermat, profesional, tidak arogan. Kami membuka ruang agar ini bisa diawasi, bisa disupervisi oleh KPK atau unsur eksternal lainnya. Yang jelas saya sudah perintahkan penanganan harus cermat, hati-hati, profesional karena ini dipertanggungjawabkan ke publik," tandas dia.


Artikel ini telah tayang di www.inews.id dengan judul " Kapolri Minta Kasus Dugaan Pemerasan SYL Ditangani dengan Cermat dan Profesional ",

Klik untuk baca: https://www.inews.id/news/nasional/kapolri-minta-kasus-dugaan-pemerasan-syl-ditangani-dengan-cermat-dan-profesional/2.
 

Editor : Sidratul Muntaha

Follow Berita iNews Palembang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut