get app
inews
Aa Read Next : Terkait Isu PDIP Bakal Gabung di Kabinet Prabowo-Gibran, Partai Gerindra Beri Respons Positif

Beberkan Nama-nama Cawapres Ganjar Pranowo, Hasto Kristiyanto: Namanya sudah Siap Diputuskan

Sabtu, 14 Oktober 2023 | 17:55 WIB
header img
Sekjen DPP PDI Perjuangan, Hasto Kristiyanto. (iNewspalembang.id/ist)

SURABAYA, iNewspalembang.id – Dalam waktu yang tak lama lagi PDI Perjuangan (PDIP) bakal mengumumkan siapa tokoh yang menjadi calon wakil presiden (Cawapres) untuk Ganjar Pranowo.

Hal tersebut disampaikan Sekjen DPP PDIP, Hasto Kristiyanto, pada acara Rapat Koordinasi (Rakor) Pemenangan Pileg dan Pilpres Pemilu 2024 Caleg DPR RI dan Kepala Daerah Serta Wakil Kepala Daerah se-Jawa Timur, di Vasa Hotel Surabaya, Sabtu (14/10/2023).

Hasto menyatakan, terkait nama pendamping Ganjar Pranowo sudah ada di kantong Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri.

"Namanya sudah siap diputuskan. Keputusan menunggu momentum yang tepat, mohon bersabar. Kalau nama-nama nanti Bu Mega yang memutuskan, dari nama-nama yang beredar," ujar dia.

Hasto mengungkapkan, soal apakah nama-nama yang selama ini sudah sering disebutkan atau akan muncul nama baru, itu sebagai suatu upaya untuk membangun konsolidasi politik mengingat tantangan bangsa tidak mudah.

“Tantangan itu di antaranya geopolitik, pangan, krisis energi, hingga ketegangan di Timur Tengah yang menyebabkan harga minyak tinggi, serta kepemimpinan yang saling melengkapi dengan Pak Ganjar,” ungkap dia.

Hal itulah, jelas Hasto, bisa berdampak pada rekonfigurasi dari partai-partai politik menjelang masa-masa pendaftaran. Namun yang terpenting, bagi PDIP, politik itu setia kepada sumbernya yaitu rakyat.

“Selama memimpin menyatu dengan rakyat, maka akan ada kekuatan yang maha dahsyat dan itu ada di Pak Ganjar Pranowo. Wakilnya nanti akan diumumkan Bu Mega," jelas dia.

Hasto menerangkan, PDIP bersama partai koalisi yakni PPP, Perindo, Hanura, dan tim pemenangan nasional (TPN) tengah menyiapkan elemen kejutan saat mengumumkan Cawapres dari Ganjar.

Nah ciri-ciri pendamping Ganjar Pranowo sendiri, memiliki kepemimpinan, moralitas kepemimpinan, rekam jejak yang baik, pemimpin yang tidak berjarak dengan rakyat dan juga berprestasi.

"Kami menunggu momentum yang tepat. Pastinya cawapres ini harus sesuai dengan pribadi Pak Ganjar, dilihat komitmennya serta dilihat kebutuhan problematik dasar bagi bangsa Indonesia," terang dia.

Hasto menuturkan, bahwa untuk nama-nama Cawapres Ganjar sudah dibahas sejak 18 Maret 2023. Saat itu, Megawati bertemu dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Merdeka, dengan didampingi Sekretaris Kabinet Pramono Anung.

Mulai dari Ridwan Kamil, Sandiaga Uno, Prof Mahfud MD, Khofifah, Menteri PUPR, Erick Thohir, Andhika Perkasa, dan Tuan Guru Bajang. Nama-nama itu dicermati secara dinamis, dilihat kesesuaian, komitmen, dan melihat problematika mendasar bagi bangsa dan negara. Dari situ nama-nama yang beredar dikerucutkan.

"Ibu Mega sudah mendapat masukkan dari Presiden, dan menerima masukkan dari para Ketua Umum partai, sehingga dari situ sudah dikerucutkan. Tinggal nanti diumumkan," tandas dia.



Artikel ini telah tayang di www.inews.id dengan judul " Sekjen PDIP Ungkap Nama Cawapres Ganjar Sudah di Kantong Megawati, Siap Diumumkan ",

Klik untuk baca: https://www.inews.id/news/nasional/sekjen-pdip-ungkap-nama-cawapres-ganjar-sudah-di-kantong-megawati-siap-diumumkan/2.


 

Editor : Sidratul Muntaha

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut