get app
inews
Aa Read Next : Presiden Jokowi Sebut 36.000 pondok pesantren di Indonesia Bisa Tentukan Masa Depan Bangsa

Tak Boleh Jadi Ajang Persaingan, Presiden Jokowi Ajak Anggota ASEAN ‘Menang Tanpo Ngasorake’

Jum'at, 14 Juli 2023 | 12:05 WIB
header img
Presiden Jokowi saat berbicara ketika menerima kunjungan kehormatan para menteri luar negeri ASEAN, Jumat (14/07/2023), di Shangri-la Hotel, Jakarta (Foto: BPMI Setpres)

JAKARTA, iNewspalembang.id – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menegaskan komitmen ASEAN untuk terus memperkuat persatuan dan soliditas, serta memperkokoh sentralitas ASEAN dalam menjaga perdamaian dan stabilitas di kawasan.

“ASEAN tak boleh jadi ajang persaingan, tidak boleh menjadi proksi negara manapun, dan hukum internasional harus dihormati secara konsisten,” ujar Presiden Jokowi saat menerima kunjungan kehormatan para Menteri Luar Negeri se-ASEAN dan negara mitra di Hotel Sangri-La, Jakarta Pusat, Jumat (14/07/2023).

Presiden Jokowi mengungkapkan, ASEAN memiliki potensi besar menjadi pusat pertumbuhan atau epicentrum of growth, baik berupa usia produktif yang melimpah, serta kekayaan alam yang juga berlimpah.

Atas dasar itulah, Jokowi berharap, kerja sama dan dukungan nyata dari para mitra dan tamu ASEAN.

“Negara-negara ASEAN, negara yang sedang berkembang, butuh pengertian, butuh kearifan dan juga butuh dukungan, baik dari negara-negara maju dan negara-negara sahabat untuk meninggalkan pendekatan zero-sum dan mengambil pendekatan saling menguntungkan,” ungkap dia.

Jokowi menjelaskan, bahwa keketuaan di ASEAN akan dimanfaatkan untuk meningkatkan kontribusi ASEAN bagi kejayaan Indo-Pasifik dan dunia.

“Ada sebuah pepatah di Indonesia yaitu ‘menang tanpo ngasorake’, yang artinya kita dapat menjadi pemenang tanpa merendahkan yang lain, tanpa mengalahkan yang lain. Untuk itu, saya mengajak kita semuanya marilah kita menjadi pemenang yang terhormat, menang tanpo ngasorake,” tandas dia.

Editor : Sidratul Muntaha

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut