get app
inews
Aa Read Next : Jadi Korban TPPO, Presiden Jokowi Berupaya Evakuasi 20 WNI yang Tertipu di Myanmar

Indonesia Kirim Dua Pesawat Bantuan Pangan ke Afghanistan

Senin, 10 Januari 2022 | 08:35 WIB
header img
Bantuan pangan Indonesia untuk Afghanistan sebanyak dua pesawat sudah mendarat di Kabul. ( Foto : Humas Kemenlu )

 
​KABUL, iNews.id  -
Indonesia memberikan bantuan kemanusiaan berupa bantuan pangan ke Afghanistan, untuk memenuhi kebutuhan rakyat Afghanistan yang sedang menderita.
 

Kemenlu dalam situs resminya menginformasikan pengiriman dua pesawat  bantuan kemanusiaan  Indonesia, yang telah tiba di bandara internasional Hamid Karzai, Kabul, Afghanistan, pada Minggu (09/01/2022) pagi hari waktu setempat. 

Pesawat pertama dengan kode penerbangan GA-7900 tiba pada pukul 10.00 waktu Kabul (12.30 WIB), adapun pesawat kedua dengan kode penerbangan GA-7700 tiba pada pukul 11.00 waktu Kabul (13.30 WIB). Kedua pesawat tersebut   menempuh penerbangan langsung dari Bandara Soekarno Hatta selama kurang lebih delapan jam. 

Bantuan kemanusiaan ini diberikan sebagai respon terhadap situasi kemanusiaan di Afghanistan yang memprihatinkan. Bantuan diberikan sesuai dengan kebutuhan, berdasarkan asesmen yang dilakukan  World Food Programme (WFP).  

Country Director-WFP Indonesia, Christa Rader mengapresiasi  bantuan  kemanusiaan dari Indonesia berupa pangan dan nutrisi yang telah dikirimkan ke Kabul. Menurutnya, bantuan ini  langkah konkret  solidaritas global untuk mengatasi penderitaan rakyat Afghanistan. 

"Bantuan yang telah diterima akan segera dikoordinasikan penyalurannya oleh WFP-Afghanistan," kata Christa.  

Menteri Luar Negeri Retno Marsudi menyampaikan,  bantuan kemanusiaan diberikan sebagai tambahan komitmen yang telah  disampaikan sebelumnya. "Kedua pesawat pembawa bantuan kemanusiaan tersebut telah diberangkatkan dari Jakarta dini hari (9/1/2022),"  Menlu mengungkapkan. 

Menurutnya,  setelah menyelesaikan proses unloading (bongkar muat) dan serah terima di bandara Internasional Hamid Karzai, Kabul, kedua pesawat dan seluruh kru langsung meneruskan perjalanan ke New Delhi untuk transit dan mengisi bahan bakar, sebelum kembali ke Jakarta. 

Menlun mengatakan, Indonesia akan terus memperkuat diplomasi kemanusiaan dan berusaha berkontribusi bagi situasi kemanusiaan yang memprihatinkan yang terjadi di berbagai belahan dunia. Safety (keamaan) dan wellbeing (kesejahteraan) rakyat selalu menjadi prioritas perhatian Indonesia. 

"Semoga bantuan ini dapat  meringankan beban rakyat Afghanistan," Menlu Retno memungkasi. ​

Editor : Agustian Pratama

Follow Berita iNews Palembang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut