get app
inews
Aa Read Next : Menlu Retno Marsudi Ungkap Prioritas Kerja Sama dari Duta Besar 10 Negara Sabat

Sembilan WNI di Kota Chernihiv Ukraina Berhasil Dievakuasi

Sabtu, 19 Maret 2022 | 08:06 WIB
header img
Menlu RI, Retno Marsudi. (Foto : Humas Kemlu RI)

CHERNIHIV, iNews.id - Kementrian Luar Negeri Republik Indonesia (Kemlu RI) kembali berhasil mengevakuasi warga negara Indonesia (WNI), di negara yang tengah berkonflik perang, Ukraina. Kali ini Kemlu RI mengevakuasi sembilan WNI di Kota Chernihiv.

Hal ini diungkapkan Kemlu RI di situs resminya. Menteri Luar Negeri RI, Retno Marsudi mengatakan, proses evakuasi sangat  tidak mudah. Setiap hari, selama kurang lebih 22 hari, upaya  mengevakuasi para WNI dari Chernihiv terus dilakukan.

Namun, baru pada Jumat (18/3/2022)  berhasil dievakuasi melalui jalur Kyiv, kemudian ke Lviv dan kemudian menyeberang ke wilayah Polandia. "Alhamdulillah kita  bersyukur  melalui upaya  sangat keras dan cukup lama, maka pada hari ini kita berhasil mengevakuasi sembilan orang WNI dari Kota Chernihiv," kata Kemlu, dikutip dari situs Kemlu RI, Sabtu (19/3/2022).

Ia menjelaskan, berbagai skenario dan jalur evakuasi telah  dibuat dan terus  dilakukan adjustment hampir setiap hari. Adjustment ini dilakukan karena situasi lapangan yang terus berubah.

"Alhamdulillah, saat ini sembilan  WNI tersebut  sudah berada di zona aman, ucap Retno.

Menurutnya, jika dihitung dari Chernihiv sampai ke Lviv, total perjalanan yang ditempuh oleh para WNI adalah sekitar 15 jam dan melalui antrian panjang  di perbatasan.

Setelah tiba di  Warsawa, seluruh WNI  menjalani pemeriksaan kesehatan, sebelum kembali menuju Indonesia pada Minggu, 20 Maret 2022, menggunakan pesawat komersial.

"Untuk memperkuat tim KBRI, pak Judha (Direktur Perlindungan WNI) telah dan terus berada di Lviv sejak kurang lebih 15 hari yang lalu," ucap Retno.

Sejauh ini 133 WNI telah dievakuasi dengan selamat dari Ukraina, dan terdapat 23 WNI yang memilih tinggal di Ukraina, rata-rata karena alasan keluarga. Selain itu, sembilan staf esensial KBRI saat ini saat ini berada di Kota Lviv.

"Saya  menyampaikan apresiasi kepada seluruh pihak, yang telah bekerja keras, bahu-membahu, dalam membantu pelaksanaan evakuasi WNI ini. Terima kasih juga atas kerja sama dan kesabaran teman-teman 9 WNI,  tanpa kerja sama dan kesabaran mereka tidak mungkin evakuasi ini dapat kita lakukan dengan selamat," Retno memungkasi.

Editor : Agustian Pratama

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut