get app
inews
Aa Read Next : Ibu dan Anak Jadi Korban Pembunuhan di Palembang, Kapolrestabes Sebut Bukan Perampokan

Aksi Tawuran Pelajar Bermotif Uji Nyali di Palembang Mulai Marak, Polisi Ciduk Pelaku dari Banyuasin

Senin, 15 Mei 2023 | 14:35 WIB
header img
Kapolrestabes Palembang, Kombes Pol Harryo Sugihhartono, saat memberi pengarahan kepada pelaku tawuran di Mapolsek SU I, Palembang, Senin (15/5/2023). (iNewspalembang.id/ist)

PALEMBANG, iNewspalembang.id - Sebanyak 13 remaja dan pelajar yang merencanakan tawuran di wilayah Kecamatan Seberang Ulu (SU) I diringkus aparat Polsek SU I Sat Reskrim Polrestabes Palembang di dua tempat berbeda.

Penangkapan pertama pelaku tawuran yang juga ada daru Kabupaten Banyuasin itu terjadi di Jalan KH Azhari, depan Pasar Klinik, Kelurahan 7 Ulu, Kecamatan SU I, pada Sabtu (13/5/2023) sekitar pukul 03.00 WIB.

Pelaku tesebut, FM (16) warga Jalan Talang Kemang, Kelurahan Plaju, RD (16) warga Jalan Tegal Binangun, Kelurahan Plaju. Lalu, RI (17) warga Desa Nusa Makmur, Air Kumbang, Banyuasin, AF (14) warga Desa Limba Jaya, Air Kumbang, Banyuasin, BT (16) warga Desa Limba Jaya, Air Kumbang, Banyuasin, MH (16) warga Jalan Tegal Binangun, Kecamatan Plaju. 

Berikutnya, SH (16) warga Desa 8 9 Sidomulyo, Air Kumbang, Banyuasin, BA (16) warga Desa Sebokor, Air Kumbang, Banyuasin, dan AF (16) warga Jalan Infres, Air Kumbang, Banyuasin.

Hasil penangkapan tersebut, petugas menyita barang bukti (BB) seperti 1 buah batang bambu yang ujungnya di modifikasi besi tajam bentuk trisula, 1 buah pipa besi, 1 buah pipa besi yang ujungnya terpasang senjata tajam jenis pisau, 1 buah besi gear motor bekas yang diikat dengan tali warna hijau, 8 unit sepeda motor berbagai jenis.

Lalu penangkapan kedua pada Minggu (14/5/2023) sekitar pukul 02.00 WIB di Jalan KH Azhari, depan Lorong Kenduruan, Kelurahan 7 Ulu, Kecamatan SU I yakni MP (14) warga Lorong Terusan, Kelurahan 5 Ulu, Kecamatan SU I. Kemudian, RA (16) warga Lorong Family Setia, Kelurahan 7 Ulu, Kecamatan SU I, MR (18) warga Jalan KH Azhari, Kelurahan 5 Ulu, Kecamatan SU I, AA (16) warga Lorong Terusan, Kelurahan 5 Ulu, Kecamatan SU I.

Kembali polisi menyita BB sebuah bilah sajam jenis golok panjang 60 cm gagang warna coklat, 1 unit ponsel, 1 buah tombak dari fiber yang dimodifikasi besi tajam bentuk trisula. Guna pemeriksaan lebih lanjut, maka 13 pelajar dan remaja berikut BB langsung dibawa ke Polsek SU I.

Kapolrestabes Palembang, Kombes Pol Harryo Sugihhartono didampingi Kasat Reskrim, AKBP Haris Dinzah dan Kapolsek SU I, Kompol Ahmad Firdaus menyatakan, memang beberapa pekan terakhir aksi tawuran antar kelompok di masyarakat seperti para anak muda, remaja mulai marak.

"Notabene motifnya adalah untuk uji nyali. Mereka rata - rata anak di bawah umur dan pelajar, mereka diamankan dalam dua hari Sabtu dan Minggu dalam giat dilakukan Polsek SU I dalam penindakan dan pencegahan aksi tawuran," ujar Kombes Pol Harryo saat rilis di Polsek SU I, Senin (15/5/2023). 

Harryo mengungkapkan, sebagian dari pelaku tawuran ini ada yang datang sengaja jauh - jauh dari Kabupaten Banyuasin. Mereka datang ke Palembang itu sengaja untuk uji nyali tawuran.

"Kita akan panggil seluruh orang tuanya dan akan koordinasi dengan Dinas Pendidikan, serta sekolah setempat. Kita menginformasikan bahwa pelajar ini terlibat aksi tawuran di Kota Palembang, sebagai hukum tambahan yang nantinya ditentukan sekolah apakah dilakukan tindakan disiplin atau tindakan lainnya,"  tandas dia.

Editor : Sidratul Muntaha

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut