get app
inews
Aa Read Next : Hadapi Pilkada 2024, Megawati Kumpulkan Kader PDIP yang Baru Menjabat Kepala Daerah Satu Periode

Ini Ragam Jurusan Kuliah yang Diambil Para Presiden RI, dari Soekarno hingga ke Jokowi!

Minggu, 02 April 2023 | 08:45 WIB
header img
Ilustrasi Presiden RI. (iNewspalembang.id/ist)

JAKARTA, iNewspalembang.id – Seluruh Presiden di Republik Indonesia ini, mulai dari Presiden pertama Ir Soekarno, hingga Presiden Joko Widodo (Jokowi), punya keistimewaan pendidikan masing-masing.

Jurusan kuliah para Presiden Indonesia ini ternyata berasal dari jurusan yang beragam. Ada yang menyelesaikan studinya di universitas di tanah air, baik negeri maupun swasta. Namun, ada juga yang menempuh pendidikan di mancanegara.

Ini daftar Presiden RI dari pertama hingga ke tujuh beserta jurusan semasa kuliahnya:

1. Soekarno

Soekarno sempat menempuh pendidikan setara SMA di HBS (Hoogere Burgerschool) Surabaya dan menyelesaikan studinya tersebut pada 10 Juni 1921. 

Kemudian, ia melanjutkan ke perguruan tinggi Technische Hoogeschool te Bandoeng atau yang saat ini dikenal dengan nama Institut Teknologi Bandung (ITB).

Di awal kuliah, Soekarno mengambil jurusan Waterbowkunde atau tata bangunan air. Namun, ia akhirnya lebih memilih pindah ke jurusan arsitek bangunan umum dan dinyatakan lulus pada 25 Mei 1926.

2. Soeharto 

Presiden RI ke-2, Soeharto sempat akan melanjutkan studinya usai lulus dari SMP. Sayangnya, keinginan tersebut tidak tercapai karena adanya kendala biaya.

Lalu pada tahun 1942, Soeharto mendaftar menjadi tentara Kerajaan Belanda atau Koninklijk Nederlands Indisch Leger (KNIL) dan bertugas selama tujuh hari dengan pangkat Sersan. Namun, ia akhirnya berhenti karena Belanda akhirnya menyerah pada Jepang.

3. BJ Habibie

Pada tahun 1954, B.J. Habibie menempuh studi di Fakultas Teknik ITB untuk jurusan Teknik Mesin. Setahun setelahnya, ia melanjutkan pendidikannya di Aeronautika dan Astronautika (Teknik Penerbangan) dengan memilih spesialisasi Konstruksi Pesawat Terbang di Rhein Westfalen (R WTF) Aachen, Jerman Barat. 

Kemudian pada tahun 1960, B.J. Habibie menerima gelar Diplom Ingenieur. Ia lalu mendapat gelar Doktor Ingenieur pada 1965 dengan predikat Summa Cum Laude.

4. Abdurrahman Wahid

Abdurrahman Wahid atau Gus Dur sempat menempuh studi di Universitas Al Azhar di Kairo, Mesir pada tahun 1963 usai mendapat beasiswa dari Kementerian Agama.

Di universitas tersebut, ia mengambil jurusan Studi Islam. Selama menempuh studi, ia aktif dalam Asosiasi Pelajar Indonesia di Mesir. Di organisasi tersebut, Gus Dur berperan menjadi jurnalis.

5. Megawati Soekarnoputri

Megawati Soekarnoputri berkuliah di Fakultas Pertanian, Universitas Padjadjaran, Bandung. Sayangnya, ia hanya menempuh studi selama tahun 1965-1967 karena kondisi politik yang tidak kondusif. Setelahnya, Megawati Soekarnoputri kembali berkuliah di Fakultas Psikologi, Universitas Indonesia.

Namun lagi-lagi, ia tak menyelesaikan studinya karena sang ayah, Soekarno meninggal dunia pada 1970.

6. Susilo Bambang Yudhoyono

Susilo Bambang Yudhoyono atau yang biasa disapa SBY menempuh pendidikan militer di Akademi Angkatan Bersenjata RI (Akabri) pada tahun 1973. Lulus dari Akabri, ia melanjutkan studinya di American Language Course di Texas, Amerika Serikat. 

Selama berada di Negeri Paman Sam, SBY juga belajar di Airborne and Ranger Course, Fort Benning dan Infantry Officer Advanced Course pada tahun 1982 sampai 1983. Ia juga sempat mengambil kursus Senjata Antitank di Belgia dan Jerman pada tahun 1984.

7. Joko Widodo

Joko Widodo atau yang biasa dikenal dengan nama Jokowi merupakan Presiden RI ke-7 yang hampir menjabat selama dua periode. Sebelum terjun ke dunia politik, ia adalah pengusaha yang bergerak di bidang mebel.

Setelah ditelusuri, Jokowi ternyata merupakan alumni jurusan Kehutanan, Fakultas Kehutanan, Universitas Gadjah Mada (UGM) di Yogyakarta. Ia memperoleh gelar Sarjana Ilmu Kehutanan pada tahun 1985 usai menyusun skripsi dengan judul ‘Studi tentang Pola Konsumsi Kayu Lapis pada Pemakaian Akhir di Kodya Surakarta’. 



Artikel ini telah tayang di www.inews.id dengan judul " Jurusan Kuliah Presiden RI, Apa Saja? ",

Klik untuk baca: https://www.inews.id/news/nasional/jurusan-kuliah-presiden-ri-apa-saja/2.


 


 

Editor : Sidratul Muntaha

Follow Berita iNews Palembang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut