get app
inews
Aa Read Next : Sidang PHPU Pilpres 2024: Menko PMK Sebut Bagi Bansos Jelang Pemilu Jaga Daya Beli Masyarakat Miskin

KPU Sumsel Sebut Sistem Rekapitulasi Suara Pemilu 2024 Sulit Dimanipulasi, Ini Penjelasannya

Selasa, 07 Maret 2023 | 12:05 WIB
header img
Ketua KPU Sumsel, Amrah Muslimin. (iNewspalembang.id/sidratul muntaha)

PALEMBANG, iNewspalembang.id – Sistem rekapitulasi suara di Komisi Pemilihan Umum (KPU) pada Pemilu 2024 mendatang diklaim sulit untuk dimanipulasi.

Menurut Ketua KPU Sumsel, Amrah Muslimin, manupulasi data pada proses Pemilu 2024 nanti semakin sulit, karena sistem informasi rekapitulasi KPU itu sudah masuk ke ranah yang bisa diketahui publik.

“Karena data dari TPS langsung ke server KPU RI. Jadi ketika ada proses manipulasi data, itu pasti ketahuan dan tak bisa dilakukan. Misalnya, saya sebagai Ketua KPU Provinsi pada tahun 2024 nanti sudah tahu gambaran partai A itu suaranya di kecamatan B di kabupaten B sudah tahu. Jadi kalaupun ada proses perubahan akan cepat diketahui,” ujar Amrah.

Berkaca dari hal tersebut, ungkap Amrah, jangan pernah percaya bila ada pihak-pihak atau oknum yang menjanjikan bisa mendapatkan suara sekian banyak kepada pada calon legislatif (caleg).

“Kalau ada penyelenggara Pemilu yang bisa menjanjikan dapat suara sekian, kemudian diiming-imingi dengan dana, itu omong kosong,” ungkapnya.

Editor : Sidratul Muntaha

Follow Berita iNews Palembang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut