get app
inews
Aa Read Next : Sidang PHPU Pilpres 2024: Menko PMK Sebut Bagi Bansos Jelang Pemilu Jaga Daya Beli Masyarakat Miskin

Diingatkan Presiden Jokowi soal Pemilu 2024, Hasyim Asy’ari: KPU Lembaga yang Melayani Dua Pihak!

Jum'at, 02 Desember 2022 | 12:05 WIB
header img
Ketua KPU RI, HasyimAsy'ari. (iNews.id)

JAKARTA, iNewsPalembang.id – Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Hasyim Asy’ari memastikan Pemilu Serentak 2024 akan diselenggarakan tepat waktu sesuai aturan lima tahunan.

Hal tersebut disampaikan Hasyim Asy’ari dalam laporannya menjawab hal-hal yang harus diperhatikan jelang Pemilu 2024 dari Presiden RI Joko Widodo (Jokowi), pada Rapat Konsolidasi Nasional Kesiapan Pelaksanaan Tahapan Pemilu Serentak 2024, di Beach City Entertainment Center, Ancol, Jakarta, Jumat (02/12/2022).

Hasyim mengatakan, selama konsolidasi nasional ini KPU akan menyelenggarakan beberapa kegiatan tahapan pemilu, antara lain, verifikasi partai politik, persiapan untuk pemutakhiran daftar pemilih, penataan daerah pemilihan DPRD kabupaten/kota, pembentukan badan adhoc panitia pemilihan tingkat kecamatan, serta persiapan untuk pemutakhiran daftar pemilih.

“Kehadiran Bapak Presiden adalah bentuk dukungan dari pemerintah kepada KPU dan menunjukkan bahwa pemilu akan diselenggarakan secara tepat waktu dalam regularitas lima tahunan,” kata dia.

Hasyim mengungkapkan, rencananya pada tanggal 16 desember nanti pihaknya memulai penyerahan dukungan bagi bakal calon anggota DPD.

Karakter lembaga KPU ini, sambung Hasyim, adalah lembaga layanan terutama untuk melayani dua pihak. Pertama, melayani pemilih untuk dapat menggunakan hak pilihnya.

“Kedua, melayani peserta pemilu baik itu partai politik, peserta pemilu perseorangan, pemilu DPD, pasangan calon presiden-wakil presiden, kemudian pasangan calon gubernur/bupati/wali kota dalam pilkada, untuk melakukan kompetisi yang fair di dalam pemilu dan pilkada,” tandas dia.

Rapat Konsolidasi Nasional ini ini dihadiri oleh sekitar 6.341 peserta yang berasal dari jajaran KPU baik pusat maupun daerah.

 

Editor : Sidratul Muntaha

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut