get app
inews
Aa Read Next : Ini Alasan Presiden Jokowi Imbau Pejabat Negara, BUMN dan Kepala Daerah Tunaikan Zakat Lewat Baznas

Presiden Jokowi Berharap Trade Expo Indonesia Dorong Surplus Neraca Perdagangan

Rabu, 19 Oktober 2022 | 08:15 WIB
header img
Presiden Jokowi membuka acara TEI ke-37 di ICE, BSD City, Tangerang, Banten, Rabu (19/10/2022). (Foto: Humas Setkab/Jay)

TANGERANG, iNewspalembang.id – Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) menyatakan, gelaran Trade Expo Indonesia (TEI) ke-37 di harapkan mampu membukukan transaksi besar dan mencapai target 10 miliar Dolar AS.

“Semoga yang ditargetkan oleh Menteri Perdagangan, lebih dari 10 miliar Dolar AS, betul-betul bisa kita capai. Kita harapkan itu akan mendorong surplus neraca perdagangan kita pada masa-masa mendatang,” ujar Presiden, sat membuka TEI ke-37 di Indonesia Convention Exhibition (ICE), Bumi Serpong Damai City (BSD City), Tangerang, Banten, Rabu (19/10/2022).

Sementara, Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan mengungkapkan, surplus neraca perdagangan Indonesia pada periode Januari-September meningkat 58,9 persen dari periode yang sama di tahun sebelumnya.

“Surplus Indonesia mencapai 39,87 miliar Dolar AS, naik 58,8 persen dibanding periode yang sama tahun 2021. Ekspor nonmigas tercatat sebesar 207,19 miliar Dolar AS atau naik 33,21 persen dibanding tahun 2021 yang lalu,” ungkap dia.

Pria yang akrab disapa Zulhas itu menjelaskan, untuk mendukung pertumbuhan ekspor, Indonesia terus membuka akses pasar di negara-negara mitra melalui perjanjian perdagangan serta pengiriman misi dagang.

“Pemerintah juga tengah fokus mengembangkan potensi perdagangan di pasar nontradisional. Kami akan lebih fokus menggarap pasar nontradisional. Untuk mengatasi perlambatan ekonomi dunia, kita fokus menggarap pasar nontradisional,” jelas dia.

Mendag menerangkan, pada pelaksanaan TEI ini juga akan dilakukan penandatanganan sejumlah komitmen pembelian antara para eksportir dengan mitra dagangnya.

“Pagi ini, belum buka tadi, sudah ada (penandatanganan) kontrak satu 1,5 miliar Dolar AS. Jadi pameran belum buka kita sudah kontrak 1,5 miliar Dolar AS. Kami yakin selesai pameran ini mudah-mudahan kita bisa dapat kontrak dari hasil expo ini mudah-mudahan kita bisa mencapai 10 miliar Dolar AS,” terang dia.

TEI ke-37 2022 digelar secara hybrid dengan mengusung tema “Strengthening Global Trade for Stronger Recovery”.  Pameran yang menghadirkan beragam produk unggulan Indonesia ini akan diselenggarakan selama lima hari pada 19–23 Oktober 2022 di ICE, BSD City, sementara pameran online akan berlangsung pada 19 Oktober–19 Desember 2022.


 

Editor : Sidratul Muntaha

Follow Berita iNews Palembang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut