get app
inews
Aa Read Next : Siaga Penyebaran Monkeypox, RSUD Palembang BARI Siapkan SDM dan Ruang Isolasi

Kementerian Kesehatan Ungkap Empat Gejala Ringan Cacar Monyet dari Pasien Pertama

Minggu, 21 Agustus 2022 | 06:45 WIB
header img
http://inewspalembang.id/ist

JAKARTA, iNewspalembang.id - Kementerian Kesehatan (Kemenkes) menyatakan bahwa Kasus monkeypox atau cacar monyet saat ini sudah masuk ke Indonesia.

Satu pasien yang dinyatakan positif cacar monyet yang sebelumnya melakukan perjalanan ke luar negeri itu berasal dari Jakarta.

Menurut Juru Bicara Kemenkes Mohammad Syahril, pasien itu berjenis kelamin laki-laki dan berusia 27 tahun dan diketahui terkonfirmasi positif monkeypox.

"Satu (pasien) teronfirmasi dari DKI Jakarta," ujar dr Syahril dalam Konferensi Pers Kemenkes disiarkan secara langsung di kanal YouTube Kementerian Kesehatan, Sabtu (20/8/2022).

Syahril mengatakan, ada sejumlah gejala yang dialami pasien tersebut. Mulai dari demam, pembengkakan getah bening, ruam, dan lesi di bagian wajah, muka dan alat genital.

 "Laki-laki berusia 27 tahun dengan gejala ada demam, ada pembesaran kelenjar getah bening dan ringan tidak berat. Ada ruam dan ada luka di muka, tangan, dan alat genital," kata dia.

Hanya saja, jelas Syahril, pasien itu tidak dirawat di rumah sakit, lantaran hanya bergejala ringan. Pasien tersebut saat ini melakukan isolasi mandiri (isoman) di rumah.

"Dalam hitungan dua hari setelah cek PCR tadi malam, hasilnya keluar, ternyata positif dan bergejala ringan. Jadi, tidak perlu diisolasi di ICU atau rumah sakit, cukup isoman di rumah," tandas dia.

Editor : Sidratul Muntaha

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut