get app
inews
Aa Read Next : Sakit Kepala Berulang, Kurangi Konsumsi Obat Pusing

Hati-hati Tak Hanya Orang Tua! Remaja Juga Rentan, Ini 4 Cara Atasi Sakit Pinggang

Senin, 01 Agustus 2022 | 06:15 WIB
header img
Ilustrasi sakit pinggang. (iNewspalembang.id/sidratul muntaha)

JAKARTA, iNewspalembang.id – Perubahan masa tampak terlihat jelas. Kalau dulu, ketika usia seseorang sudah mencapai 40 tahun ke atas, sejumlah penyakit pasti menghampiri tubuh kita.

Namun di era sekarang, tidak sedikit penyakit-penyakit yang biasanya diidap oleh orang yang berusia tua, malah dialami banyak remaja. Seperti sakit pinggang, yang faktanya banyak remaja di awal usia 20 tahunan mengeluhkan hal itu.

Nah, seperti apa sih cara memulihkan sakit pinggang itu?  Dilansir Healthline, Minggu (31/7/2022), sakit pinggang biasa terjadi akibat dari pekerjaan mereka. Berdasarkan data, setidaknya 80 persen orang Amerika akan mengalami nyeri pinggang dalam hidup mereka.

Rata-rata, sakit pinggang ini muncul akibat dari cidera, seperti keseleo atau ketegangan otot karena gerakan tiba-tiba atau mekanika tubuh yang buruk saat mengangkat benda berat.

Sakit pinggang juga kerap dialami oleh anak muda di bawah usia 25-35 tahun. Penyebabnya pun beragam mulai dari pola hidup tak sehat, hingga kurang olahraga.

Buat kamu yang sering mengalami hal serupa, berikut cara mengatasi sakit pinggang tanpa minum obat: 

1. Ganti Posisi Tidur

Cara pertama ialah mengubah posisi tidur. Mengubah posisi tidur dapat mengurangi rasa sakit di pinggang. Jika kamu tidur miring, tarik kaki sedikit ke arah dada dan letakkan bantal di antara kaki. Jika tidur telentang, letakkan bantal di bawah lutut.

2. Bergerak

Cara kedua ialah menggerakan tubuh. Orang yang banyak bergerak ternyata lebih cepat sembuh dari sakit pinggang dibanding mereka yang hanya tiduran.

Untuk itu, kamu dituntut lebih aktif jika mengalami nyeri di pinggang. Jalan-jalan di sekitaran rumah sudah cukup untuk mengurangi sakit pinggang.

3. Olahraga

Cara mengatasi sakit pinggang selanjutnya ialah olahraga. Tak menutup kemungkinan sakit pinggang yang kamu alami lantaran kurang olahraga.

Cobalah olahraga seperti berenang dan yoga, secara teratur dan aktif setiap hari akan membantu mengurangi sakit pinggang. Lakukan perlahan dan rutin untuk hasil yang maksimal.

4. Krim dan Koyo

Terakhir kamu bisa gunakan krim dan koyo untuk mengurangi rasa sakit pinggang. Kamu bisa mengoleskan krim atau menempelkan koyo pereda rasa nyeri di bagian yang terasa sakit.

Pemakaian koyo diyakini tidak menyebabkan overdosis karena bahan aktif dan luas permukaan koyo sudah dihitung sesuai dosis yang pantas bagi pemakai.  Itulah cara mudah mengatasi sakit pinggang tanpa minum obat. 

 

 

Editor : Sidratul Muntaha

Follow Berita iNews Palembang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut