KBRI Kyiv Ukraina Selamatkan 59 WNI dari Perang

ian
Kedutaan besar republik Indonesia (KBRI) KYIV di Ukraina berhasil menyelamatkan puluhan warga negara Indonesia (WNI) dari perang yang sedang terjadi.

KYIV, iNews.id - Kedutaan besar republik Indonesia (KBRI) KYIV di Ukraina berhasil menyelamatkan 59 warga negara Indonesia (WNI) dari perang yang sedang terjadi.

 

Demikian diungkapkan akun instagram resmi KBRI KYIV @indonesiainkyiv Selasa (1/3/2022) sore. Pihak KBRI menunggah beberapa foto WNI yang berhasil diselamatkan.

 

Dalam deskripsi fotonya, KBRI KYIV menulis, jika upaya dilakukan pihaknya tanpa henti untuk menyelamatkan puluhan WNI dari kecamuk perang di Ukraina, dan akhirnya berhasil.

 

"Setelah lima hari empat malam berlindung di gedung KBRI Kyiv, 59 WNI dan 1 WN Ukraina suami WNI, berhasil dievakuasi dari Kota Kyiv ke Moldova," tulis akun KBRI KYIV.

 

Dijelaskan, selama berlindung di KBRI, para WNI dipenuhi kebutuhan dasar dan pengurusan dokumen perjalanannya. Para staff KBRI juga setiap hari berdialog dengan WNI dan memastikan para WNI dalam keadaan baik.

 

KBRI KYIV sejak awal berupaya mengevakuasi para WNI keluar Kota Kyiv, namun kondisi jalur yang dilalui tidak aman, bahkan pada beberapa titik strategis menjadi medan pertempuran dengan kerusakan infrastruktur jalan yang menghambat pergerakan.

 

Pihak KBRI KYIV menegaskan, jika pertimbangan dan prioritas utama pihaknya adalah perlindungan dan keselamatan WNI. Setelah berkoordinasi dengan Kemlu Pusat, diputuskan mengevakuasi WNI segera setelah selesainya jam malam di Kota Kyiv, 28 Februari 2022. Hal ini dilakukan mempertimbangkan keamanan fisik dan logistik.

 

Perjalanan evakuasi bertepatan juga waktunya dengan dimulainya negosiasi antara Ukraina dan Rusia di Gomel, Belarus sehingga ada waktu jeda untuk kemanusiaan.

 

Dipimpin Dubes RI Kyiv, Ghafur Dharmaputra dengan dukungan seluruh Tim KBRI Kyiv dan Atase Pertahanan RI Warsawa yang terakreditasi di Kyiv, Adi Triady, evakuasi dilakukan dengan konvoi tujuh mobil jalan darat menuju perbatasan Ukraina dan Moldova.

 

Jarak yang ditempuh dari Kyiv ke perbatasan Moldova sekitar 330 KM, melewati 10 checkpoints. Di perbatasan Ukraina-Moldova, para WNI dan Tim Evakuasi KBRI Kyiv bertemu dengan tim evakuasi dari KBRI Bucharest, untuk kemudian serah terima untuk membawa WNI ke Bucharest, Rumania.

 

KBRI KYIV bersyukur, dengan perlindungan Tuhan Yang Maha Esa dan doa seluruh Masyarakat Indonesia, ke-59 WNI tiba dalam keadaan sehat, selamat tanpa kurang suatu apapun.

 

Kesuksesan evakuasi tersebut terletak pada koordinasi intens antara KBRI Kyiv dengan Pemerintah Pusat, KBRI di negara tetangga (Warsawa, Bucharest, Slovakia, Moskow), Pemerintah pusat Ukraina dan negara tetangga, serta terlebih atas ketenangan, kerja sama dan kepercayaan seluruh WNI terhadap Kemlu RI.

 

Editor : Agustian Pratama

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network