Pj Gubernur Sumsel Ingatkan 9.029 Maba Unsri untuk Berpikir Inovatif dan Bertindak Positif

Sidra
Pj Gubernur Sumsel Elen Setiadi dan Rektor Unsri, Prof Taufiq Marwa, bersama maba Unsri saat PKKMB Unsri 2024 di Auditorium Unsri Indralaya, Ogan Ilir, Selasa (6/8/2024). (iNewspalembang.id/ist)

INDRALAYA, iNewspalembang.id – Penjabat (Pj) Gubernur Sumsel Elen Setiadi mengingatkan mahasiswa baru (Maba) Universitas Sriwijaya (Unsri) harus bisa berfikir dan bertindak positif.

Hal tersebut disampaikan Elen dihadapan 9.029 Maba Unsri, pada hari pertama Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (PKKMB) Unsri 2024 di Auditorium Unsri Indralaya Kabupaten Ogan Ilir, Selasa (6/8/2024).

“Ada hal yang penting saat kita menjadi mahasiswa, yakni harus terus berpikir dan bertindak positif, melakukan hal-hal yang menunjang tujuan masa depan dan menjauhi hal-hal yang merusak dan merugikan masa depan,” ujar dia.

Apalagi, kata Elen, saat ini Indonesia dihadapkan pada bonus demografi. Jadi, generasi muda harus mempersiapkan dan memanfaatkan waktu untuk belajar sebaik-baiknya yang dapat menunjang masa depan.

"Anak-anak sekalian, kita akan menghadapi bonus demografi sehingga harus memanfaatkan waktu, agar masa ini bisa kita pergunakan. Kita harus bisa mengambil keputusan mulai dari sekarang, harus bisa menganalisa apa yang akan kita lakukan setelah masa perkuliahan,” tegas dia. 

Kemudian, ungkap Elen, mahasiswa baru harus punya inisiatif, inovatif dan dapat membangun jaringan serta kolaborasi dengan banyak orang. Cari kegiatan yang bisa menambah ilmu yang bermanfaat bagi banyak orang dan berpikir inovatif.

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) Sumsel  bulan Februari 2024, sambung Elen, penyerapan tenaga kerja sebanyak 3,55 juta orang sepanjang periode Februari 2023-Februari 2024.

“dari data itu diharapkan lulusan Unsri mampu meningkatkan penyerapan tenaga kerja dan mampu menekan angka pengangguran di Sumsel bahkan Indonesia,” ungkap dia.

“Jangan lagi terpaku pada pekerjaan kantoran, saat ini sektor pertanian menjadi penyerap tenaga kerja terbesar di Indonesia. Kita berharap kalian yang ada disini bisa masuk di angka penyerapan tenaga kerja bukan di angka pengangguran,” imbuh dia.

Sementara, Rektor Unsri, Prof Dr Taufiq Marwa, SE, MSi berterima kasih kepada Pj Gubernur Sumsel dan jajaran yang menyempatkan hadir dalam PKKMB Unsri 2024.

“Kami harap kehadiran bapak dan ibu menjadi penyemangat bagi adik-adik mahasiswa baru di Unsri,” tandas dia.

Editor : Sidratul Muntaha

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network