Begini Cara Presiden Jokowi Rayu Elon Musk Kembangkan Produk Teknologi di Indonesia

Sidra
Presiden Jokowi bersama CEO SpaceX dan Tesla, Elon Musk, di sela WWF ke-10 di BICC Kabupaten Badung, Bali, Senin (20/05/2024). (iNewspalembang.id/ Biro Pers, Media & Informasi Setpres)

BADUNG, iNewspalembang.id - Momen World Water Forum (WWF) ke-10 Bali kali ini menjadi magnet tersendiri bagi Elon Musk untuk turut hadir di Indonesia.

CEO SpaceX dan Tesla tersebut muncul sebagai pembicara pada Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) WWF di Bali International Convention Center (BICC), Kabupaten Badung, Bali, Senin (20/5/2024).

Sudah tentu momen tersebut dimanfaatkan Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk membahas akselerasi transformasi digital di Indonesia, hingga potensi pengembangan investasi di Indonesia.

Presiden Jokowi mengapresiasi kehadiran Elon Musk sebagai pembicara pada forum yang membahas pentingnya pengelolaan air. Tak hanya itu, Jokowi juga mengundang Musk untuk mengembangkan produk teknologinya seperti SpaceX, Tesla, Neuralink, dan Boring untuk berinvestasi di Indonesia.

Kepada Elon Musk, Jokowi mengatakan,  Indonesia saat ini lagi menjalani percepatan transformasi digital nasional dan membuka banyak potensi investasi di sektor infrastruktur, teknologi pemerintahan, ekonomi digital, dan masyarakat digital. 

"Oleh karena itu, kami mengapresiasi dan terus mendorong pengembangan investasi perusahaan SpaceX, Tesla, Neuralink, dan Boring di Indonesia,” ujar Presiden.

Jokowi melanjutkan, soal kerja sama Starlink yang telah berjalan, diharapkan bisa bersinergi dengan penyedia internet di Indonesia untuk menyediakan akses internet yang terjangkau.

"Mengutamakan perlindungan konsumen, memberi harga yang lebih murah untuk penggunaan layanan publik termasuk di puskesmas hingga sekolah terpencil di Indonesia," ungkap dia.

Menanggapi pernyataan orang nomor satu di Indonesia tersebut, Elon Musk menuturkan, rasa hormat bisa berpartisipasi dalam WWF dan merasa senang bisa berada di Bali. 

“Tentu kami berharap bisa menyediakan konektivitas Starlink untuk mendukung fasilitas pendidikan dan kesehatan di Indonesia,” tutur dia.

Kehadiran Elon Musk di WWF atau Forum Air Sedunia ke-10 Bali ini, menjadi pertanda minat yang tinggi dari investor global dalam ekonomi digital Indonesia, serta potensi kerja sama di masa depan yang akan mendukung infrastruktur digital di seluruh Tanah Air.

Editor : Sidratul Muntaha

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network