Ini Pesan Ketua PDIP Sumsel ke Heri Amalindo, Soal Figur Calon Wakil di Pilkada Gubernur Sumsel 2024

SIdra
Ketua DPD PDI Perjuangan Sumsel, Giri Ramanda N Kiemas, saat menerima Heri Amalindo mengembalikan formulir bacagub di Sekretariat DPD PDIP Sumsel, di Palembang, Senin (13/5/2024). (iNewspalembang.id/ist)

PALEMBANG, iNewspalembang.id - Langkah Bupati PALI, Heri Amalindo, yang mencalonkan diri sebagai Gubernur Sumsel mendapat respons positif dari PDI Perjuangan.

Hal tersebut disampaikan langsung oleh Ketua DPD PDI Perjuangan Sumsel, Giri Ramanda N Kiemas, bahwa pihaknya akan memprioritaskan kader dalam menghadapi kontestasi Pilkada, baik tingkat provinsi maupun kabupaten dan kota pada Pilkada serentak November mendatang. Heri Amalindo sendiri merupakan kader dari PDI Perjuangan.

"Ada prioritas lebih bagu kader di pusat, tapi semua masih tergantung pada penilaian dari pusat apakah layak untuk diusung atau tidak. DPD hanya melakukan penjaringan, memverifikasi kelengkapan data dan memberi masukan," ujar dia, setelah menerima pengembalian berkas bakal calon gubernur (bacagub) dari Heri Amalindo, di sekretariat PDI Perjuangan Sumsel, Senin (13/5/2024).

Giri mengatakan, kader PDI Perjuangan akan menjadi prioritas setelah diberi penilaian tersendiri terkait bagaimana kerja politik dan kontribusi yang sudah dilakukan kader selama ini di daerah.

Setelah berkas pendaftaran Heri Amalindo ini diterima, sambung dia, maka akan ada tahapan berikutnya termasuk wawancara terhadap kesiapan bakal calon. 

"Kemudian akan ada survei yang hasilnya akan sangat menentukan apakah layak diusung atau tidak," kata Wakil Ketua DPRD Sumsel itu.

Giri mengungkapkan, pendaftaran di KPU masih relatif lama, jadi masih banyak waktu untuk melakukan penilaian. Makanya, hingga hari ini belum ada satu pun bakal calon baik gubernur, wali kota dan bupati yang mendapat Surat Keputusan (SK) penetapan dari partai termasuk PDI Perjuangan.

"Bila Pak Heri Amalindo diusung PDI Perjuangan, maka wakil kita serahkan ke yang bersangkutan. Wakil harus dipikirkan secara matang. Jangan sampai nanti sudah diumumkan ke publik, malah berpisah di tengah jalan," ungkap dia. 

Masih terkait pasangan wakil gubernur, jelas Giri, memang harus dipikirkan apakah sudah dapat kepastian partai pengusung atau belum. Jangan sampai merusak kredibilitas partai dan calon karena dianggap tidak konsisten lantaran gonta-ganti pasangan.

"Harap sabar. Calon kepala daerah dan wakil harus mampu menambah energi dan sinergi. Saling melengkapi dan mengisi kekurangan. Politik sangat dinamis, jadi koalisi partai tidak harus linier dengan koalisi pusat saat Pilpres lalu," jelas dia.

Sementara, Bacagub Sumsel, Heri Amalindo menuturkan, sangat tersanjung lantaran disambut Ketua DPD PDI Perjuangan Sumsel, Giri Ramanda, saat mengembalikan formulir pendaftaran calon kepala daerah.

"Terima kasih Ketua (Giri) sudah menyambut langsung. Berkas ini kami kembalikan dan akan mengikuti mekanisme yang ada dan berlaku di PDI Perjuangan. Untuk wakil masih dalam tahap pendekatan. Doakan yang terbaik agar kami segera diusung oleh partai khususnya PDI Perjuangan," tandas dia.

Editor : Sidratul Muntaha

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network