Herman Deru - Cik Ujang Disebut Kuasai 70 Persen Sumsel bila Berpasangan di Pilkada Gubernur 2024

SIdra
Herman Deru dan Cik Ujang disebut miliki kekuatan koalisi yang besar bila resmi menjadi pasangan pada ilkada Gubernur Sumsel 2024. (iNewspalembang.id/ist)

PALEMBANG, iNewspalembang.id – Bila rencana Herman Deru dan Cik Ujang berpasangan pada Pilkada Gubernur Sumsel 2024, maka dua kekuatan ini dinilai mampu menguasi sebagian  besar Sumsel.

Menurut Pengamat politik Sumsel, Drs Adriansyah MSi, kalau benar terjadi Herman Deru berpasangan dengan Cik Ujang, maka diyakini akan memiliki logistik dan jaringan yang kuat.

“Sehingga tidak terlalu sulit bagi pasangan tersebut untuk menaikkan popularitas dan elektabilitas menjelang Pilkada Sumsel yang tinggal 6 bulan lagi. Pasangan Herman Deru-Cik Ujang ini sudah siap segalanya. Saya kira setelah dideklarasikan, mesin politik pasangan ini akan bergerak cepat,” ujar dia kepada awak media di kantor Sriwijaya Stratak Politik, Palembang, Rabu (8/5/2024).

Adriansyah mengatakan, apalagi Cik Ujang yang merupakan Ketua DPD Partai Demokrat Sumsel sudah mendapat restu dari DPP Partai Demokrat. Begitu juga dengan Herman Deru yang notabene Ketua DPW Partai Nasdem Sumsel.

Tentu, sambung dia, dua kekuatan ini  bisa menjelma menjadi koalisi yang sudah cukup untuk mendapatkan tiket pendaftaran sebagai pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Sumsel di KPU.

“Pasangan Herman Deru – Cik Ujang ini merupakan pasangan yang ideal, ibarat menu komposisinya paket lengkap. Layaknya empat sehat lima sempurna,” kata dia.

Kemudian, ungkap Adriansyah, Herman Deru dan Cik Ujang ini memiliki kekuatan dan jaringan politik yang besar. Karena keduanya pimpinan partai politik (parpol), yang mempunyai dukungan politik yang besar di 17 kabupaten dan kota se Sumsel.

“Artinya bila benar berkoalisi, Partai Nasdem dan Demokrat sudah cukup untuk menghantarkan Herman Deru dan Cik Ujang mendaftar ke KPU. Pasangan ini sudah punya mesin politik yang siap digerakkan,” ungkap dia.

Kelebihan lain dari Herman Deru dan Cik Ujang ini, jelas Adriansyah, sama-sama mantan kepala daerah, yang memiliki basis kewilayahan yang besar dan saling melengkapi.

Seperti Herman Deru, yang merupakan Gubernur Sumsel periode 2018-2023 ini punya basis dukungan di wilayah OKU Raya, Palembang, Banyuasin, Prabumilih dan OKI. Sementara, Cik Ujang memiliki basis wilayah Besemah Raya (Lahat, Pagaralam dan Empat Lawang) dan Lematang Raya (Muara Enim, Prabumulih dan PALI). 

"Ya bisa jadi bakal pasangan Herman Deru dan Cik Ujang ini sudah menguasai 70 persen wilayah Sumsel,” tandas dia.

 

 

Editor : Sidratul Muntaha

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network