Shin Tae-yong Klaim Ketahui Faktor Mengapa Uzbekistan Jadi Tim Kuat di AFC U-23 Asian Cup Qatar 2024

Sidra
Pelatih Timnas Indonesia U-23, Shin Tae-yong. (iNewspalembang.id/ist)  

DOHA, iNewspalembang.id – Rasa optimistis ada dalam diri Pelatih Tim Nasional (Timnas) Indonesia U-23, Shin Tae-yong, jelang laga kontra Uzbekistan, pada semifinal AFC U-23 Asian Cup Qatar 2024 di Abdullah Bin Khalifa Stadium, Senin (29/4/2024).

Menurut Shin Tae-yong, antara Uzbekistan dan Indonesia memiliki kesamaan, yakni tengah membangun sepakbola dari level kelompok usia muda seperti di bawah 20 atau 23 tahun.

“Jadi ini juga faktor yang menjadikan tim Uzbekistan sebagai tim yang sangat-sangat bagus," ujar dia. 

Shin Tae-yong mengatakan, terakhir kali bersua Uzbekistan, pada Piala Asia U-20 (2023). Saat itu, dia mengaku tidak membawa enam pemain terbaik, namun tetap saja Uzbekistan mampu mendominasi permainan dan permainan mereka tidak terlalu bagus dibandingkan dengan Uzbekistan.

"Namun dalam karier sebagai pelatih, saya tidak punya pengalaman kalah melawan Uzbekistan. Meskipun Uzbekistan adalah tim yang sangat bagus, tapi kali ini saya memiliki pemain-pemain terbaik dan saya punya kenangan yang sangat bagus,” tegas pelatih asal Korea Selatan (Korsel) itu.

Shin Tae-yong menegaskan, bahwa punya perasaan yang baik menatap pertarungan dengan Uzbekistan U-23 ini.

“Semoga kami beruntung. Saya akan melakukan persiapan dengan baik," tegas dia.

Persiapan Timnas U-23 jelang melawan Uzbekistan, ungkap Shin Tae-yong, sangat baik. Kepercayaan diri pemain meningkat setelah lolos dari Grup A, yang notabenenya grup neraka. Lalu menyingkirkan Korea Selatan di babak perempat final lewat adu tendangan penalti.

Bahkan, dari hasil menonton pertandingan Uzbekistan, Shin menyadari mengapa mereka bisa mencetak 12 gol dan bagaimana mereka tidak kebobolan.

“Salah satu yang krusial, alasan utamanya adalah transisi yang begitu cepat. Uzbekistan bisa transisi menyerang ke bertahan dan bertahan ke menyerang dengan sangat cepat," ungkap dia.

Hal itulah, jelas Shin, menjadikan faktor bagi Uzbekistan sebagai salah satu tim terkuat di kompetisi ini, yakni memiliki keseimbangan yang sangat baik antara sisi penyerangan dan sisi bertahan.

“Seperti yang Anda tahu, transisinya cepat. Hal itu perlu kita atasi dan jika kita bisa menghadapinya dengan baik, mungkin kita punya kesempatan menang melawan Uzbekistan. Saya tidak bisa mengatakan lebih detail karena itu rahasia," tandas dia.

Pemenang laga Indonesia melawan Uzbekistan selain lolos ke final Piala Asia U-23 2024 juga mendapat tiket ke Olimpiade Paris 2026.

 

Editor : Sidratul Muntaha

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network