Hari Kesetiakawanan Sosial, Momen Gotong Royong Atasi Pandemi Covid-19

ian
Mensos Risma mengajak meningkatkan semangat gotong royong menanggulangi Covid-19 di Hari kesetiakawanan Sosial yang jatuh pada 20 Desember.

MUNTOK, iNews.id - Hari kesetiakawanan sosial pada 20 Desember, dijadikan momen untuk meningkatkan semangat gotong royong menanggulangi Covid-19 agar pandemi cepat berakhir di Indonesia.

Menteri Sosial Tri Rismaharini  menekankan peran penting kesetiakawanan dan kegotongroyongan sebagai modal penting mengatasi kesulitan dan keterbatasan. Menurutnya, kesetiakawanan sosial dan gotong royong dapat menjadi solusi berbagai permasalahan, baik  masalah banjir  hingga penanggulangan pandemi Covid-19.

Anggaran tidak selalu menyelesaikan semua masalah, saat  membangun Kota Surabaya yang penuh  keterbatasan, menggerakkan potensi masyarakat dengan gotong royong terbukti banyak permasalahan bisa diatasi. 

"Saat ada masalah sampah di Surabaya  yang terus meningkat, saat itu digencarkan sosialisasi dan edukasi pengolahan sampah kepada masyarakat, menjaga kebersihan lingkungan dengan tidak membuang sampah sembarangan. Lalu, pemerintah mengedukasi pengolahan sampah menjadi kompos  masyarakat dengan mendirikan rumah kompos," kata  Mensos Risma, dikutip di laman resmi Kemensos RI, Senin (20/12/2021).  

Ia mengungkapkan, pandemi Covid-19  membangkitkan masyarakat menyumbang apa saja untuk membantu sesama. "Ada anak 13 tahun. Dia punya usaha jual beli pulsa. Dia datang menyumbangkan APD. Itu atas kerelaan dia sendiri," ucap Risma.

Karena itu, Mensos mengajak unsur pemerintah daerah serta semua elemen masyarakat,  memperkuat kesetiakawanan sosial dan gotong royong. "Seberat dan sesulit apapun, bisa kita atasi dengan memperkuat kesetiakawanan sosial dan gotong royong," katanya saat menghadiri acara puncak Bulan Bakti Kesetiakawanan Sosial (BBKS) di Lapangan Gelora Muntok, Bangka Barat.

Editor : Agustian Pratama

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network