Pertama di Indonesia, Sumsel Gelar Pameran Hasil Restorasi Gambut 

Agoes
Wagub Sumsel, Mahardi Yahya (kanan) saat menghadiri pameran hasil restorasi gambut. (Foto Humas Pemprov SUmsel)


PALEMBANG, iNews.id - Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) menjadi provinsi pertama yang menggelar pameran hasil kegiatan restorasi gambut. Pameran diresmikan langsung  Wakil Gubernur  (Wagub)  Sumsel, H Mawardi Yahya   di auditorium PIM, Sabtu (27/11/21) siang.


Wagub Mawardi mengapresiasi upaya restorasi gambut yang telah dilakukan, dan  juga digelarnya pameran agar masyarakat mengetahui jika gambut juga bisa dimanfaatkan untuk kesejahteraan masyarakat.  

"Jadi, restorasi gambut bukan hanya menghentikan terjadinya pembakaran gambut, namun juga memiliki dampak  baik bagi kesejahteraan masyarakat," kata Wagub. 

Ia menjelaskan,  restorasi gambut  telah dimulai sejak 2017 karena sering terjadinya kebakaran  di Sumsel, yang berdampak kepada aktifitas masyarakat, aktifitas transportasi  darat dan udara (penerbangan),  juga mengganggu kesehatan pernapasan masyarakat. Terlebih menggganggu  negara tetangga akibat asap kebakaran gambut. 


"Ini kegiatan perdana di Indonesia," ucap dia.

 

Pemerintah provinsi Sumsel  siap menjadikan gambut agar bermanfaat dan bernilai jual bagi kesejahteraan masyarakat.   Pemerintah harus berperan aktif melakukan restorasi gambut ini.



"Provinsi lain khususnya daerah yang rawan mengalami kebakaran lahan gambut, bisa mencontoh kegiatan ini," kata Wagub.

Sementara itu Deputi Bidang Edukasi dan Sosialisasi, Partisipasi dan Kemitraan BRGM RI, Dr Myrna A Safitri juga mengapresiasi  upaya  pemerintah  memelihara gambut, dan semua Kelompok Masyarakat (Pokmas) yang terlibat dalam kegiatan ini.  

 

"Kegiatan restorasi gambut tidak akan berjalan secara berkelanjutan jika tidak memperhatikan kesejahteraan masyarakat," kata Myrna.


Ia mengakui, jika  pameran ini  pertama kali dilakukan di Indonesia, sehingga pihaknya sengaja mengundang  Provinsi lain untuk berpartisipasi memberikan inspirasi. 

 

"Selamat untuk pemerintah provinsi Sumsel atas   kegiatan restorasi dan capaian yang telah dilakukan dalam lima tahun ini," ucapnya.

Dalam acara ini turut hadir Deputi Kontruksi, Operasi dan Pemeliharaan BGRM RI diwakili Kepala Kelompok Kerja Pengembangan Usaha, Ir C Nugroho Priyono, M.Sc, para Deputi yang hadir atau diawali dan para kepala UPT Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI.

Editor : Agustian Pratama

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network