get app
inews
Aa Read Next : Palembang 360, Inovasi Melihat Wisata Lewat Tur Virtual

Tabuh Gamelan, Wisma Duta RI di Buenos Aires Diserbu Warga Argentina

Jum'at, 20 Mei 2022 | 13:36 WIB
header img
Gamelan ditampilkan di malam wisata di Buenos Aires Argentina. (Foto : KBRI Buenos Aires)

BUENOS AIRES, iNews.id - Kediaman Dubes RI (Wisma Duta) di Buenos Aires diserbu warga Argentina yang menjadi pengunjung acara La Noche del Turismo (Malam Wisata), yang diadakan Pemerintah Ibukota Buenos Aires medio Mei lalu. Pasalnya Wisma Duta RI menyajikan lantunan Gamelan.

Dalam acara malam wisata ini KBRI Buenos Aires memang ikut ambil bagian, dengan menampilkan gamelan, lalu dekorasi khas daerah di Indonesia seperti payung dan banten / sesaji Bali yang menghiasi gerbang Wisma Duta, hal ini menggugah keingintahuan warga setempat.

Uniknya  gending-gending klasik Jawa dengan format  cokekan atau orkes kecil, tidak hanya dimainkan warga negara Indonesia saja melainkan tiga orang Argentina  pun ikut serta. Diiringi tabuhan kendang Sisjugo T. Siswojo, terciptalah  alunan nada  mengundang decak kagum penonton. 

 Cokekan membutuhkan keterampilan  luar biasa. Karena jumlah instrumen yang dipakai adalah jumlah paling minimum, setiap orang dituntut untuk memainkan lebih dari satu instrumen.

Setelah menonton gamelan, masyarakat Argentina diajak  melihat keindahan batik tulis dan ragam pakaian adat Indonesia. Mereka  mengagumi keindahan batik yang cara pembuatannya sangat rumit,  mereka juga diperkenalkan  angklung dan berbagai objek wisata Indonesia. Hingga akhir malam, puluhan warga ibukota Buenos Aires yang datang disuguhkan seni budaya Indonesia. 

Cristina salah satu pengunjung malam wisata mengaku  puas  yang ditampilkan di Wisma Duta. Ia  berharap  acara La Noche del Turismo berikutnya KBRI Buenos Aires  kembali berpartisipasi, agar  dirinya dapat mengajak keluarganya untuk mengenal seni dan budaya Indonesia. “Alunan musik (gamelan) sangat indah," ucap Cristina dilansir dari laman resmi Kemenlu RI, Jumat (20/5/2022).

Sementara itu,  Duta Besar RI di Buenos Aires, Niniek K. Naryatie mengatakan, keikutsertaan Indonesia  dalam La Noche del Turismo merupakan sumbangsih pihaknya  kepada Ibukota Buenos Aires untuk menghidupkan kembali pariwisata dan ekonominya. 

“Melalui program ini  masyarakat Argentina dapat mengenal gamelan, angklung dan kain batik tulis. Ketiganya diakui UNESCO sebagai warisan budaya tak benda dunia,"  Dubes Niniek mengungkapkan.

Untuk diketahui, La Noche del Turismo adalah program  merevitalisasi pariwisata dan ekonomi ibukota Buenos Aires yang terdampak pandemi. Masyarakat Buenos Aires diajak  berkeliling kota dan menyusuri salah satu dari rute yang disediakan, yaitu  bangunan bersejarah,  budaya Tango,  jejak perempuan Argentina dan  komunitas diplomatik.

Editor : Agustian Pratama

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut