get app
inews
Aa Read Next : Beni Hernedi Ungkap Sejumlah Persoalan di Kabupaten Muba yang Butuh Percepatan

Muba Bangkitkan Perekonomian Lewat Desa Wisata

Kamis, 17 Maret 2022 | 20:37 WIB
header img
Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin (Muba) ingin membangkitkan perekonomian daerah, salah satunya dengan mempromosikan pariwisata di Muba khususnya desa wisata, untuk membangkitkan perekonomian daerah. (Foto : Humas Pemkab Muba)

SEKAYU, iNews.id Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin (Muba) ingin membangkitkan perekonomian daerah, salah satunya dengan mempromosikan pariwisata di Muba khususnya desa wisata, untuk membangkitkan perekonomian daerah.

Plt Bupati Musi Banyuasin Beni Hernedi melalui Staf Ahli Bupati Bidang Pembangunan  Tabrani Rizki mengatakan, pihaknya menindaklanjuti program Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI Sandiaga Uno, tentang pengembangan desa wisata, sehingga digelar  pelatihan sosialisasi desa wisata  Tahun Anggaran 2022 Kamis (17/3/2022) di HotelPermata Randik Sekayu.

Menurutnya,  jika destinasi pariwisata di Muba dapat tertata dan dikelola dengan baik, ditambah  kemajuan media sosial  saat ini, bukan tidak mungkin  menarik banyak perhatian dari para wisatawan  lokal maupun mancanegara untuk berkunjung ke destinasi wisata terbaik  di Muba. Alhasil desa wisata  dapat membantu perekonomian warga sekitar.

"Maka dari itu harapan kami kepada peserta pelatihan kegiatan ini fokus dan benar-benar memanfaatkan kesempatan ini,  dengan menyerap semua materi yang disampaikan pembicara / narasumber yang berkompeten dibidangnya. Nantinya ada materi meliputi pengelolaan dan pengusulan desa wisata  di  Muba," kata dia, saat membuka acara Sosialisasi Desa Wisata Tahun Anggaran 2022.

Tabrani berharap kegiatan ini  menambah wawasan para peserta mengenai pariwisata  dan  meningkatkan keterampilan dan kreatifitas generasi muda, dalam  mempromosikan potensi desa wisata  di  Muba.  "Semoga kegiatan  ini  berjalan   lancar,  memberikan manfaat sesuai  yang diharapkan," ucap Tabrani.

Sementara itu, Kepala Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata Kabupaten Muba Muhammad Fariz   menyampaikan, kegiatan  ini   akan dilaksanakan sampai dengan angkatan ke-4 dan selesai di tanggal 30 Maret 2022.

Menurutnya, kegiatan ini  salah satu dukungan pemerintah terhadap pengembangan pengelolaan desa wisata  di  Muba, dengan menggali potensi desa untuk pembangunan masyarakat sekitar desa wisata.

Lalu untuk memperluas lapangan kerja dan usaha bagi masyarakat desa,  hal ini dapat meningkatkan kesejahteraan dan kualitas hidup masyarakat desa. Melalui desa wisata ini juga dapat menjadikan  cerminan harapan untuk kebangkitan pariwisata dan perekonomian.

"Melalui pelatihan desa wisata ini, diharapkan  memberi banyak manfaat bagi kita semua. Adapun peserta yang berkesempatan hadir  mengikuti pelatihan ini mulai dari Kades, Sekdes, Kepala Urusan Perencanaan Desa, Badan Permusyawaratan Desa (BPD), Karang Taruna dan pengelola destinasi wisata desa yang ada di Muba," Fariz menerangkan.

 

Editor : Agustian Pratama

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut