get app
inews
Aa Read Next : Cegah Gejolak Warga, Pemkab Muba Ingatkan Pengelola Dermaga Batubara di Desa Pulai Gading

Lagi, Pemkab Muba Jual Minyak Goreng Murah

Selasa, 08 Maret 2022 | 13:56 WIB
header img
Pemkab Muba kembali menggelar operasi pasar minyak goreng. Tak kurang 5,3 Ton Minyak Goreng dijual murah di Desa Air Putih Ulu Kecamatan Plakat Tinggi.

PLAKAT TINGGI, iNews.id - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Musi Banyuasin (Muba) kembali menggelar operasi pasar minyak goreng. Tak kurang 5,3 Ton Minyak Goreng dijual dengan harga murah di halaman Kantor Desa Air Putih Ulu Kecamatan Plakat Tinggi, Selasa (8/3/2022).

 

Plt Bupati Muba Beni Hernedi diwakili Asisten Pengembangan Perekonomian dan Pembangunan Setda Kabupaten Muba Yusuf Amilin mengatakan, Pemkab Muba khususnya Dinas Perdagangan dan Perindustrian Muba kali ini menyiapkan 5,3 ton minyak goreng di Kecamatan Plakat Tinggi. Setiap warga/KK hanya dibolehkan membeli maksimal dua liter minyak goreng dengan Harga HET Rp. 14.000/liter.

 

Menurut Yusuf Amilin, Kabupaten Muba salah satu yang terimbas kelangkaan minyak goreng. Untuk itu, Pemkab Muba terus berupaya membantu masyarakat memperoleh minyak goreng. Salah satunya melakukan Operasi Pasar di seluruh kecamatan di Muba, dengan menjual minyak goreng di bawah harga pasar.

 

“Harga di pasaran Muba saat ini harga sampai Rp 20.000 – Rp 25.000, itupun kadang barangnya langka. Kita sekarang melakukan Operasi Pasar hanya dengan harga Rp 14.000, tetapi kita atur supaya masyarakat mendapatkannya dan menghindari para penimbun. Caranya kita bagi ke setiap desa, setiap desa di seluruh kecamatan kita berikan jatah,” ia menjelaskan.

 

Sementara itu, Wakil Ketua I TP PKK Muba Susy Imelda Beni yang hadir, mengapresiasi kegiatan ini, apalagi untuk membantu masyarakat memenuhi kebutuhan sehari-hari dalam kondisi kelangkaan minyak goreng di pasaran.

 

"Semoga kegiatan ini bisa rutin dilakukan sehingga masyarakat terbantu, karena bisa membeli minyak goreng dengan harga terjangkau," ucap Susy.

 

Sedangkan Kepala Disdagperin Muba Azizah mengatakan, pelaksanaan Operasi Pasar Minyak Goreng bekerja sama dengan distributor resmi, bertujuan mengatasi kelangkaan minyak goreng di pasaran disebabkan adanya pembatasan suplai dari distributor.

 

"Sistem pembelian menggunakan kupon dari Disdagperin Muba dan kupon didistribusikan melalui Camat Plakat Tinggi, guna diatur untuk masing-masing desa," Azizah menerangkan.

 

Menurut Azizah, pelaksanaan OP diatur dengan tetap disiplin ptotokol kesehatan juga melibatkan Dinas Kesehatan Muba untuk penyediaan petugas medis dan sarana prokes.

 

"Pelaksanaan OP ini juga melibatkan pihak kecamatan, forkompimcam, dan dukungan dari Sat Pol PP Muba," kata Azizah.

 

Salah satu warga Plakat Tinggi, Ika menyambut baik operasi pasar ini, ia berterima kasih upaya Pemkab Muba mengatasi kelangkaan minyak goreng di pasaran. Meski dibatasi, namun warga merasa terbantu.

 

“Senang sekali, kami masyarakat sangat terbantu, meringankan beban kami disaat harga sembako yang lagi mahal sekarang ini," Ika menuturkan.

Editor : Agustian Pratama

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut