get app
inews
Aa Read Next : Pj Bupati Imam Pasli Sebut HUT RI Jadi Momentum Simbol Kebangkitan Kabupaten Lahat

Pj Bupati Lahat Imam Pasli Terima UHC Awards 2024 dari Wapres Ma'ruf Amin

Kamis, 08 Agustus 2024 | 13:15 WIB
header img
Pj Bupati Lahat, Imam Pasli (empat dari kiri) mengangkat UHC Awards 2024, bersama penerima UHC Awards 2024 lainnya, di the Krakatau Grand Ballroom, TMII, Jakarta Timur, Kamis (8/4/2024). (iNewspalembang.id/ist)

JAKARTA, iNewspalembang.id – Sebanyak 493 kepala daerah di 33 provinsi dan 460 kabupaten kota di Indonesia yang berhasil meraih Universal Health Coverage (UHC) Awards 2024.

Penghargaan yang menandai pencapaian Indonesia menyediakan jaminan kesehatan yang menyeluruh bagi warga melalui Program Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) yang berlangsung selama satu dekade itu, diberikan langsung oleh Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin di the Krakatau Grand Ballroom, TMII, Jakarta Timur, Kamis (8/4/2024).

Dari 493 kepala daerah tersebut, Kabupaten Lahat, Sumsel, juga menjadi salah satu penerima UHC Awards 2024.

Wapres Ma’ruf Amin menyampaikan, penerima penghargaan hari ini telah menunjukkan dedikasi dan komitmen tinggi dalam mewujudkan UHC dengan cakupan perlindungan kepesertaan Program JKN minimal 95 persen dari total penduduk.

Selain itu, Indonesia mendapat pengakuan internasional dari International Social Security Association (ISSA). Penghargaan itu diserahkan Presiden ISSA, Mohammed Azman, sebagai bentuk apresiasi atas keberhasilan Indonesia dalam mencapai UHC.

Penghargaan ini semakin mengukuhkan posisi Indonesia di kancah global sebagai negara yang serius dalam perlindungan jaminan kesehatan.

Ma'ruf berharap, penghargaan ini menjadi motivasi bagi pemerintah daerah untuk menyempurnakan cakupan kepesertaan aktif dan memastikan perlindungan kesehatan penduduk secara menyeluruh di wilayahnya. Sekaligus menjadi contoh baik untuk provinsi-provinsi lain.

“Bersama-sama kita dukung optimalisasi pelaksanaan Program JKN-KIS dengan menghadirkan layanan kesehatan yang terjangkau, berkualitas, dan merata bagi seluruh masyarakat,” kata dia.

Sementara terpisah, Penjabat (Pj) Bupati Lahat, Imam Pasli mengungkapkan, penghargaan ini merupakan pengakuan atas upaya keras dan dedikasi semua pihak dalam memberi layanan kesehatan yang menyeluruh dan berkualitas bagi seluruh masyarakat Kabupaten Lahat.

“Alhamdulillah, segala puji bagi Allah SWT, Tuhan Yang Maha Esa, karena atas rahmat dan karunia-Nya, Kabupaten Lahat telah dianugerahi Penghargaan Universal Health Coverage (UHC) Awards tahun 2024,” ungkap dia.

Tak lupa, Imam mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya, kepada seluruh pihak yang telah bekerja keras untuk mewujudkan capaian ini.

“Terima kasih kepada tenaga kesehatan, aparatur pemerintah daerah, serta seluruh masyarakat Kabupaten Lahat yang telah berpartisipasi aktif dalam berbagai program Kesehatan,” tegas dia.

Penghargaan ini juga, jelas Imam, bukanlah akhir dari perjalanan, melainkan awal dari komitmen yang lebih besar. Pihaknya masih memiliki banyak tugas untuk memastikan, setiap warga Kabupaten Lahat mendapatkan akses layanan kesehatan yang layak, tanpa terkecuali.

“Oleh karena itu, kami akan terus berupaya meningkatkan kualitas dan cakupan layanan kesehatan di Kabupaten Lahat. Kami mengajak seluruh elemen masyarakat, termasuk sektor swasta dan komunitas, untuk terus bersinergi dalam mendukung program kesehatan yang ada,” jelas dia.

Imam mengingatkan, kerjasama yang baik antara pemerintah, swasta, dan masyarakat adalah kunci utama dalam mencapai keberhasilan yang berkelanjutan.

“Dengan semangat dan kerja keras bersama, kita dapat mewujudkan Kabupaten Lahat yang lebih sehat, sejahtera, dan maju. Semoga Allah SWT senantiasa memberikan kekuatan dan petunjuk kepada kita semua dalam menjalankan amanah ini,” tandas dia.

Editor : Sidratul Muntaha

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut