get app
inews
Aa Read Next : Sidang Kabinet Paripurna, Jokowi Tegaskan Sejumlah Hal Termasuk Dukung Program Presiden Terpilih

Ini Rangkaian Agenda Bulan Kemerdekaan Tahun 2024 di IKN dan Istana Negara Jakarta

Kamis, 01 Agustus 2024 | 12:35 WIB
header img
Mensesneg Pratikno saat memberikan keterangan pers kepada awak media terkait Bulan Kemerdekaan di Gedung Utama Kementerian Sekretariat Negara, Jakarta, Kamis (1/8/2024). (iNewspalembang.id/Foto: Humas Kemensetneg)

JAKARTA, iNewspalembang.id – Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno menyatakan, Bulan Kemerdekaan Tahun 2024 ini diyakini menjadi rangkaian peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) RI yang paling Istimewa.

“Karena acara peringatan HUT RI nanti ada yang di Jakarta dan ada juga yang di Ibu Kota Nusantara (IKN),” ujar dia, saat memberikan keterangan pers di Gedung Utama Kementerian Sekretariat Negara, Jakarta, Kamis (1/8/2024).

Pratikno mengatakan, agenda HUT RI bertajuk ‘Nusantara Baru Indonesia Maju’ ini menunjukkan transisi perpindahan ibu kota dari Jakarta ke Nusantara, sekaligus transisi keberlanjutan pemerintahan ke pemerintah yang baru.

“Seperti tahun yang lalu, rangkaiannya dibuka dengan zikir dan doa kebangsaan di Istana Merdeka nanti petang, dihadiri oleh para ulama dan pemimpin agama, diikuti oleh para peserta lebih dari 3.000 peserta,” kata dia.

Kemudian, jelas dia, ada kegiatan lain, seperti Pengukuhan Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) di IKN, Penganugerahan Tanda Kehormatan di Istana Negara, Jakarta, serta Pidato Kenegaraan dan Penyampaian RAPBN dan Nota Keuangan di Gedung Nusantara DPR/MPR/DPD RI. Lalu ada apel kehormatan dan renungan suci akan dilaksanakan di Jakarta dan di IKN.

Terkait Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan RI ke-79, Pratikno menerangkan, pelaksanaannya akan mengikuti zona waktu Indonesia bagian barat (WIB). Untuk Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan RI di IKN akan dipimpin langsung Presiden Jokowi.

“Upacaranya, tata upacara militer itu dilaksanakan di IKN dengan inspektur upacara Bapak Presiden, sedangkan acara upacara di halaman Istana Merdeka, Jakarta itu mengikuti tata upacara militer militer di IKN. Kemudian upacara penurunan Bendera Sang Merah Putih juga diselenggarakan di dua tempat, baik di IKN maupun di halaman Istana Merdeka, Jakarta,” tandas dia.

 

Editor : Sidratul Muntaha

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut